DetikNews
Kamis 05 Januari 2017, 13:05 WIB

Jalan Daendels Rusak Parah, PGN Dinilai Tidak Profesional

Rois Jajeli - detikNews
Jalan Daendels Rusak Parah, PGN Dinilai Tidak Profesional Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Salah satu penyebab kerusakan di Jalan Daendels, Desa Betoyo, Manyar, Kabupaten Gresik, karena pengerjaan galian pipa gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN). PGN dinilai tidak profesional dalam menyelesaikan proyek pipa gas tersebut.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, ada tiga penyebab jalan nasional itu mengalami kerusakan. Pertama, konstruksi jalan yang tidak bagus dan kondisi tanah yang labil dan mudah amblas. Aspal juga mudah mengelupas jika terkena air.

Kedua, over kapasitas atau tonase cukup tinggi di Jalan Daendels, karena jalan tersebut ruas utama yang menghubungkan Pelabuhan Lamongan Shorebase dan Pelabuhan Gresik, serta kawasan industri, sehingga banyak lalu lalang kendaraan bertonase besar.

Ketiga, dampak dari proyek penggalian pipa gas PT PGN. Penutupan galian dinilai tidak profesional.

"Masyarakat juga protes ada pemasangan pipa gas dari PGN, yang katakanlah tidak profesional," kata Wagub Jatim Saifullah Yusuf kepada wartawan di sela sidak Jalan Daendels, Kamis (5/1/2016).

Ia mengatakan, penutupan galian dinilai ala kadarnya. Padahal tanah bekas urugan menutup saluran drainase jalan. Akibatnya berdampak pada munculnya genangan yang membuat jalan rusak dan menjadi kubangan.

"Saya minta pak bupati Gresik agar menghentikan proyek pipa PGN, sambil menunggu PGN melakukan pengurugan yang profesional," tandasnya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed