Libur Tahun Baru, Ribuan Pengunjung KBS Bawa Sampah 24 Meter Kubik

Rois Jajeli - detikNews
Senin, 02 Jan 2017 20:56 WIB
Petugas kebersihan KBS punguti sampah/Foto: Istimewa
Surabaya - Jumlah pengunjung di Kebun Binatang Surabaya (KBS) selama dua hari liburan awal 2017, mencapai 76.670 ribu orang. Namun pengunjung puluhan ribu orang, itu membawa sampah 24 meter kubik. Itu diketahui setelah sampah dipungut petugas kebersihan di KBS.

"Selama libur dua hari awal Tahun 2017, jumlah pengunjungnya banyak dan sampahnya juga banyak," kata Humas Kebun Binatang Surabaya Laily Widya Arishandi, Senin (2/1/2017).

Data yang dihimpun dari Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS)-pengelola KBS, jumlah pengunjung per 1 Januari 2017 mencapai 61.517 orang. Pada hari itu, jumlah sampah yang dihasilkan dari pengunjung cukup banyak.

Sedangkan libur hari kedua di awal tahun ini, jumlah pengunjungnya 15.153 orang dan sampah yang dihasilkan juga menurun.

"Selama dua hari ini, sampah yang dikumpulkan oleh petugas kebersihan mencapai 24 meter kubik. Hari pertama sekitar 18 meter kubik, sedangkan sisanya di hari kedua," tuturnya.

Untuk membersihkan puluhan kubik sampah, 74 petugas kebersihan dikerahkan. Mereka terdiri dari 34 petugas kebersihan dari KBS, 34 petugas kebersihan dari pihak swasta dan dibantu enam orang dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya.

Mereka membersihkan sampah-sampah yang dibuang pengunjung. Bahkan, petugas kebersihan dari KBS, membersihkan sampah di air yang ada di pulau buatan area KBS menggunakan perahu dan jaring.

Sedangkan di 'daratan' petugas kebersihan bolak-balik memunguti sampah dari pengunjung menggunakan gerobak, pickup dan kendaraan bermotor roda tiga.

"Sampah yang mendominasi dari jenis plastik," tuturnya.

Sementara Manajemen PTDS pengeloa KBS sudah menyebarkan 80 tempat sampah dan 10 tong sampah dari pihak swasta. Petugas kebersihan juga selalu berkeliling sekitar 30 jam, untuk membersihkan sampah.

"Kami sudah sering kali mengimbau kepada pengunjung, agar tidak membuang sampah sembarangan," kata Direktur Utama PTDS KBS Chairul Anwar.

"Petugas kebersihan tetap keliling mengangkuti sampah, tapi masih kalah cepat dengan pengunjung yang membuang sampah sembarangan," jelasnya.

(roi/fat)