Pengunjung KBS Membludak di Hari Pertama Tahun Baru

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Minggu, 01 Jan 2017 19:13 WIB
KBS penuh sesak oleh pengunjung (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Surabaya - Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) membludak di hari pertama tahun 2017 ini. Area parkir pun meluber hingga ke areal di sekitar KBS.

Dari pantauan detikcom, Minggu (1/1/2017), suasana di KBS benar-benar padat. Pengunjung di dalam taman satwa ini berjubel memenuhi setiap
sudut KBS. Para pengunjung tidak datang sendiri. Kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga.

Selain melihat binatang di dalam sangkar, para pengunjung juga memadati hiburan yang disediakan pihak KBS seperti live musik, tunggang gajah, kereta onta, wisata perahu, arena bermain anak, dan wahana aquarium. Sentra kuliner juga tak lepas dari serbuan para pengunjung.

Tak banyak ruang tersisa yang ada. Ruang tengah di antara jalan setapak pun dipenuhi oleh pengunjung yang lesehan menggelar tikar. Mereka bersama keluarga beristirahat sambil membuka bekal yang mereka bawa dari rumah. Di tikar itu, mereka bahkan tidur. Capek membuat mereka tak sungkan untuk memejamkan mata.
Banyak pengunjung KBS menggelar tikar, lesehan di ruang terbukaFoto: Imam Wahyudiyanta
Banyak pengunjung KBS menggelar tikar, lesehan di ruang terbuka
Di luar KBS juga terlihat kepadatan lain. Tempat parkir resmi sudah tak muat lagi menampung luberan mobil dan motor yang terus mengalir masuk. Sebagai alternatif, munculah tempat parkir dadakan. Luberan motor dan mobil itu ditampung di Jalan Diponegoro, Jalan Setail, dan Jalan di kawasan Marmoyo.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Laily Widya Arishandi mengakui bahwa KBS hari ini memang padat
pengunjung. Bahkan kepadatan ini melebihi kepadatan serupa di tahun lalu.

Berdasarkan data KBS, Laily mengatakan bahwa pengunjung yang masuk hingga hari ini tercatat mencapai 61.517 orang. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding tahun kemarin yang hanya mencapai 46.141 orang.

"Libur awal tahun di 2017 ini terjadi kenaikan sekitar 70 persen dari tahun lalu. Ini dikarenakan sebagian masyarakat masih ikut cuti bersama yang berakhir pada besok serta 1 Januari 2017 kali ini bertepatan di hari Minggu, sehingga berdampak pada kunjungan masyarakat," ujar Laily.

Peningkatan jumlah kunjungan juga terjadi pada hari kemarin atau hari terakhir di tahun 2016. Kemarin, total jumlah pengunjung KBS mencapai
19.174 orang. Jumlah ini naik dibandingkan jumlah pengunjung tahun lalu yang hanya 10.318 orang. (ugik/iwd)