DetikNews
Jumat 23 Desember 2016, 14:17 WIB

Seniman di Jombang Membuat Karya dengan Rambut Manusia

Enggran Eko Budianto - detikNews
Seniman di Jombang Membuat Karya dengan Rambut Manusia Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Banyak media yang bisa dipakai seniman untuk membuat karya lukisan. Seperti halnya yang dilakukan Samiaji (40), warga Dusun Banjarsari, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Dia memakai rambut manusia sebagai bahan lukisan. Seperti apa?

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/12/2016), Samiaji tampak sibuk menggoreskan pena pada kanvas 60x70 cm. Dengan pena itu, bapak dua anak ini sedang membuat sketsa lukisan seorang perempuan yang sedang merawat bayinya dengan latar belakang gubuk dan pohon kelapa.

Setelah sketsa jadi, dengan cekatan Samiaji menyiapkan potongan rambut manusia. Potongan rambut yang dia dapatkan dari salon kecantikan itu dipilah sesuai kebutuhan lukisan. Dengan gunting di tangannya, dia memotong rambut sesuai ukuran yang dibutuhkan.

"Potongan rambut ini harus dicuci dengan air dan dikeringkan lebih dulu dengan sinar matahari supaya hasilnya maksimal," kata Samiaji kepada wartawan sembari menempelkan potongan rambut pada sketsa yang dia buat.

Setelah potongan rambut itu tertempel pada bagian sketsa yang ditentukan, proses melukis ala Samiaji dilanjutkan ke proses pewarnaan. Untuk proses yang satu ini, suami Kasianah ini menggunakan teknis brush painting (melukis dengan alat semprot). Teknik itu dia pilih agar tak merusak potongan rambut yang sudah dilem pada kanvas.

"Pernah coba mengunakan cat lukis dengan kuas, tapi akhirnya rambutnya berantakan," ungkapnya.

Lukisan bertema Kelahiran Isa Al Masih itu nampak tiga dimensi. Potongan-potongan rambut yang ditempel membuat lukisan tersebut nampak timbul.

"Pada moment seperti ini yang paling banyak diorder ya bertema Natal dan tahun baru untuk kado," ujarnya.

Tak kalah artistik lukisan kucing dan Kapten Jack Sparrow, tokoh utama dalam film Pirates of Carribean. Bulu kucing maupun kumis dan jambang tokoh bajak laut itu nampak nyata berkat potongan rambut sungguhan yang digunakan Samiaji.

"Awalnya saya terinspirasi saat potong rambut di sebuah salon. Saya melihat banyak rambut yang dibuang begitu saja. Kemudian muncul ide untuk saya gunakan sebagai lukisan," terang pria lulusan SMK di Kota Santri itu.

Setelah sekitar enam bulan menekuni teknik melukis dengan rambut manusia, pesanan terus mengalir. Samiaji mengaku belum melayani pesanan dari luar Kabupaten Jombang karena sudah kewalahan.

Meski proses pembuatannya cukup rumit, lukisan karya Samiaji dipatok dengan harga yang terjangkau. "Untuk harga relatif, jadi menyesuaikan tingkat kesulitanya juga. Biasanya paling rendah mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta, dan biasanya ditentukan dengan ukuran dan tingkat kesulitan permintaan pelanggan," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed