DetikNews
Rabu 09 November 2016, 15:59 WIB

Pengiriman Satu Truk Kayu Ilegal Digagalkan Polisi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Pengiriman Satu Truk Kayu Ilegal Digagalkan Polisi Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Pengiriman satu truk fuso kayu ilegal ke Kabupaten Jombang berhasil digagalkan. Dua pelaku dan 31 gelondong kayu mahoni diamankan petugas.

Kasubbag Humas Polres Jombang, Iptu Muhammad Subadar mengatakan, truk bermuatan kayu ilegal itu kepergok petugas saat melintas di Jalan Yos Sudarso, Jombang Kota. Truk Mitsubishi Fuso bernopol AG 8864 UM itu dihentikan saat akan masuk ke PT Seng Fong Moulding Perkasa di Desa Tunggorono.

"Saat diperiksa petugas, sopir dan kenek tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah terkait angkutan kayu Mahoni. Keduanya hanya mampu menunjukkan sebuah SKAU No urut 001 atas nama Juned dengan penerima PT Seng Fong Tunggorono," kata Subadar, Rabu (9/11/2016).

Subadar menambahkan, petugas menangkap dua orang di dalam truk tersebut. Mereka adalah Abdul Hamid (39), warga Desa Bringin, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang dan Yuda Siswanto (34), asal Desa/Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang.

Sementara di bak truk, petugas menemukan 31 gelondong kayu mahoni dengan diameter rata-rata 30-50 cm dan panjang 210 cm. Barang bukti beserta pelaku dibawa ke kantor Polres Jombang.

"Kayu itu diambil pelaku dari Kabupaten Malang untuk dikirim ke PT Seng Fong," ungkap Subadar.

Akibat perbuatannya, kata Subadar, kedua pelaku dijerat Pasal 83 ayat 1 huruf b juncto pasal 12 huruf e UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed