DetikNews
Selasa 11 Oktober 2016, 09:55 WIB

Kota Malang Terpilih Jadi Kota Udara Terbersih di Asia

Muhammad Aminudin - detikNews
Kota Malang Terpilih Jadi Kota Udara Terbersih di Asia Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Kota Malang, masuk dalam lima kota yang memiliki udara terbersih di Benua Asia. Nantinya, Kota Malang dijadikan pilot project sebagai kota dengan udara bersih bersama empat kota lain yakni, Kota Baguio, Kota Iloilo, State Rosa in Laguna, yang ketiganya berada di Philipina, dan Kota Kathmandu di negara Nepal.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nurwidyanto menjelaskan, bahwa dari hasil riset lembaga non pemerintahan atau non government organization (NGO) The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) yang diiniasi Clean Air Asia merekomendasi lima kota termasuk Kota Malang sebagai pilot area kota berkomitmen melakukan perubahan udara lebih baik.

"Bahwa rekomendasi itu merupakan bentuk kepercayaan dan menjadi komitmen kuat bagi Kota Malang untuk mewujudkan udara bersih," ujarnya kepada wartawan, Selasa (11/10/2016).

Dia menambahkan, rekomendasi ini tentunya merupakan apreasiasi dan penghargaan bagi Kota Malang, sebagai wakil dari Indonesia di Benua Asia.

"Dan bahwa kepercayaan dimaksud juga bagian komitmen, yang sudah dilakukan (Pemkot Malang) selama ini. Seperti menata taman dan bentuk program lainnya," tambahnya.

Penghargaan bakal diberikan 12 Oktober 2016 nanti secara langsung oleh Eksekutif Direktur Clean Air Asia kepada Wali Kota Malang Moch. Anton, dipandang sebagai wujud perhatian dunia internasional.

"Ini juga akan menjadikan motivasi bagi Kota Malang untuk terus maju dan berbenah di bidang lingkungan," beber Nurwidyanto.

Pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia digelar di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Juli 2016 lalu, Kota Malang menerima penghargaan Adipura Kirana serta menyabet Plakat Adipura Taman Kota Terbaik untuk kategori Kota Besar secara langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Erik Setyo Santoso.

Kategori penilaian Taman Kota Terbaik kali ini tidak hanya tertuju pada satu taman saja, melainkan seluruh taman yang ada di Kota Malang.

Taman yang ada di Kota Malang dinilai memiliki karakteristik yang berbeda dari kota-kota lainnya. Berbagai taman yang dikemas secara tematik itu telah berhasil menghantarkan Kota Malang meraih prestasi Taman Kota Terbaik.

"Ke depan, kita harus terus mempercantik Kota Malang dengan memperbanyak taman-taman tematik lainnya. Selain itu, saya juga berharap agar masyarakat turut serta menjaga dan melindungi taman-taman kita yang telah dipercantik. Karena sejujurnya menjaga itu lebih sulit daripada membuatnya," kata Wali Kota Malang Moch. Anton terpisah.

Atas diberikannya rekomendasi sebagai pilot area untuk kota dengan udara, Anton menyatakan, prestasi yang diraih ini merupakan kebanggaan bagi seluruh warga Kota Malang. Dimana dunia internasional sudah mengenal dan memperhatikan Kota Malang dengan sesungguhnya.

"Ini (penghargaan) juga buah dari komitmen bersama untuk terus mengasrikan dan mempercantik wajah kota (taman), menggalakkan penghijauan termasuk mengharuskan mahasiswa baru untuk menyumbangkan bibit tanaman, menciptakan kampung kampung yang asri dan bersinar. Ada lagi gerakan sekolah hijau (Go Green School), serta ragam gerakan hijau dan bersih (green and clean) lainnya," sebut Anton.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed