DetikNews
Selasa 04 Oktober 2016, 15:28 WIB

Pulau Madura akan Jadi Provinsi yang Didukung Empat Bupati

Ardi Yanuar - detikNews
Pulau Madura akan Jadi Provinsi yang Didukung Empat Bupati Foto: Ardi Yanuar
Pamekasan - Jutaan warga Pulau Madura (Termasuk warga belasan pulau kecil di Kabupaten Sumenep) bakal berdiam dan tinggal di Provinsi Madura, sebuah provinsi baru yang otonom terpisah dari Provinsi Jawa Timur.

Perihal terbentuknya Provinsi Madura telah disepakati dan didorong empat bupati di Pulau Madura. Yakni, Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad, Bupati Sampang Fanan Hasib, Bupati Pamekasan Ahmad Syafii dan Bupati Sumenep Busyro Karim. Setahun belakangan ini, para bupati itu intensif menggelar pertemuan lahirnya Provinsi Madura.

Bupati Pamekasan Ahmad Syafii, juru bicara bupati di Madura menegaskan, sudah lama jutaan warga di Pulau Madura menginginkan hidup terpisah dan melepaskan diri otonomi Provinsi Jawa Timur.

Dasarnya, Pulau Madura selama ini memiliki kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) seperti tambang minyak dan gas, hasil hutan dan perkebunan serta hasil tangkap ikan dan produksi garam. Selain itu sektor SDM (Sumber Daya Manusia) juga cukup memadai untuk melahirkan Provinsi Madura.

"Alhamdulillah, tekad untuk mendirikan provinsi baru bernama Provinsi Madura telah disepekati oleh empat bupati sekaligus. Selain itu dorongan dan dukungan terbentuknya Provinsi Madura yang otonom datang pula dari kalangan tokoh masyarakat, kalangan alim ulama dan kalangan
cerdik pandai di perguruan tinggi," papar Ahmad Syafii, Selasa (4/10/2016).

Secara administratif, Pulau Madura memiliki luas 5.168 Km2 dengan populasi penduduk 3,7 juta berkepadatan 706 jiwa/Km2. Pulau Madura memiliki 127 pulau dengan kepulauan terluas Pulau Kangean dan Pulau Masalembu. Pulau Madura memiliki bahasa Madura sebagai bahasa daerah.

Ada pendapat jika sebuah provinsi harus memiliki minimal 5 wilayah kabupaten ataupun kota. Untuk memenuhi pendapat tersebut, ada keinginan untuk menambah satu kota di wilayah Kabupaten Bangkalan. Yakni wilayah Kecamatan Kamal hendak dinaikkan menjadi Kota Kamal.

Ada pula keinginan warga Kabupaten Sumenep untuk membentuk satu kabupaten baru bernama Kabupaten Kepulauan. Wilayahnya merupakan sejumlah pulau berpenghuni seperti Pulau Kangean, Pulau Masalembu, Pulau Sapudi, Pulau Sapeken, Pulau Giligenting dan Pulau Raas.

Keinginan warga Pulau Madura untuk mendirikan provinsi yang otonom telah lama diperjuangkan. Tak hanya oleh ke-4 bupati tersebut. Namun sejumlah ormas (organisasi masyarakat), tokoh ulama dan kalangan organnisasi kemahasiswaan di Madura ikut menggelar "Kebulatan Tekad untuk Provinsi Madura."

"Untuk melancarkan lahirnya Provinsi Madura, kami akan menggelar pertemuan dengan tokoh nasional asal Madura. Kami juga akan mendatangi anggota DPR RI asal Madura. Segala upaya untuk melahirkan Provinsi Madura akan kami tempuh bersama ketiga bupati lainnya," pungkas Bupati Ahmad Syafii.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed