detikNews
Minggu 02 Oktober 2016, 19:14 WIB

Ratusan Crosser Adu Tangguh di Kejuaraan Motocross Piala Bupati Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Ratusan Crosser Adu Tangguh di Kejuaraan Motocross Piala Bupati Pasuruan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Lebih dari 400 crosser dari berbagai daerah turun dalam Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Piala Bupati Pasuruan yang digelar di Sirkuit EJM SP 'Wong Ndeso' Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Ajang tahunan untuk mencari talenta-talenta muda olahraga pacu kuda besi ini menyedot perhatian ribuan penonton. Sejak pagi, penonton sudah memadati arena meski balapan pertama baru dimulai pukul 13.00 WIB. Hari ini, sebanyak 17 kelas dipertandingkan.

Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf yang juga penghobi motocross hadir membuka kejuaraan. Mengenakan baju merah dipadu celana coklat, pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini didaulat melepas balapan awal. Setelah itu, bersama para penonton lain, ia tampak menikmati race.

Di lintasan, meski sirkuit agak basah sisa hujan sehari sebelumnya, para crosser beradu nyali memacu tunggangannya. Mereka beradu cepat merebut posisi terdepan.

Track lurus maupun tikungan dilibas tanpa rasa takut. Lompatan-lompatan motor berpadu dengan raungan mesin yang keras memukau penonton. Meski beberapa kali terlihat crosser terjatuh, namun mereka mencoba bangkit dan menyelesaikan race.

Ribuan penonton terus berteriak memberi semangat pada crosser jagoannya. Suasana tegang juga tampak di wajah-wajah anggota tim para crosser yang beradu cepat di lintasan.

"Total ada 20 kelas dalam kejuaraan ini. Hari ini 17 kelas dipertandingkan sekaligus babak final. Kemarin 3 kelas. Nantinya para juara akan mendapat tropi dari Gus Irsyad (Bupati Pasuruan)," kata Ketua Panitia, Suryono Pane, Minggu (2/10/2016).

Crosser yang turun, kata Suryono, datang dari hampir seluruh kota di Jatim. Ada juga dari Jogja, Jateng, Jabar dan Kalimantan. "Ini merupakan Piala Bupati ke-3. Dari tahun ke tahun pesertanya bertambah," tandas Suryono.

Sementara itu, di sela-sela keasyikannya menyaksikan balapan, Gus Irsyad mengatakan bahwa selain mencari talenta grasstrack dan motocross, ajang ini juga bertujuan mempromosikan wisata daerah.

"Para crosser dan timnya ini datang seminggu sebelum kejuaraan. Selain persiapan, mereka bisa menikmati wisata di Kabupaten Pasuruan. Selain itu, banyaknya pengunjung yang datang juga menguntungkan warga sekitar untuk berdagang," katanya.

Kejuaraan ini mempertandingkan 20 kelas antara lain: bebek standar, bebek modif lokal, adventure, bebek standar pemula, bebek standar open, bebek modif junior, bebek modif senior, sport trail, port 4TK, adventure 35 tahun, minimoto usia 8-12 tahun, SE 50, SE 65, SE 85, MX 2 novice, MX 2 junior, MX 2, Executive A, Executive B, Executive C.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com