Lima Ekor Harimau Sumatera Koleksi KBS akan 'Dikeluarkan'

Zaenal Effendi - detikNews
Senin, 22 Agu 2016 16:51 WIB
Harimau, koleksi KBS/Foto: Zainal Effendi
Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan menukarkan 4-5 ekor Harimau Sumatera. Sebab, satwa asli Indonesia ini merupakan sedarah sehingga tidak mungkin dikawinkan sesama saudaranya. KBS sendiri memiliki 11 koleksi satwa Harimau Sumatera. Dari jumlah itu, 10 ekor merupakan satu saudara atai sedarah.

"10 Hariamu Sumatera saudara tidak mungkin kita kawinkan," kata Plt Dirut PDTS Kebun Binatang Surabaya, Aschta Boestani Tadjudin, Senin (22/8/2016).

Oleh karena itu, Aschta segera mengeluarkan 4-5 ekor Harimau Sumatera untuk ditukarkan dengan sejenis. "Sedangkan sisanya yang tua kita bertanggung jawab, kita rawat sampai tua hingga mati," imbuhnya.

Selain Harimau Sumatera, KBS juga memiliki 3 ekor Harimau Benggala, 5 Singa yang terdiri dari 1 jantan dan 4 betina.

Saat ini seluruh satwa KBS yang sering menjadi bahan perbincangan di media sosial. Mulai dilakukan perawatan dan pengembangbiakan yang lebih baik dan lebih hewani.

"Misalkan Komodo yang selama ini kita kandangkan. Sekarang kita lepas di ruang terbuka sehingga bisa berkembang biak dengan baik," tegas dia.

Aschta juga mengatakan saat ini satwa pemakan daging di KBS seluruhnya diberikan daging segar, bukan daging berformalin. Pemberian daging segar ini dimulai sejak 2012 hingga saat ini.

"Sejak 2012 kami ubah menjadi daging fresh, kami makannya kita kombonasi daging sapi dan daging ayam dengan ukuran nutrisi yang benar. Kalaupun daging frozen (beku) hanya bertahan paling lama 5 hari, karena tanpa bahan pengawet," pungkas Aschta. (ze/fat)