Kebun Binatang Fukuoka Jajaki Kerjasama dengan KBS

Zaenal Effendi - detikNews
Rabu, 27 Jul 2016 09:58 WIB
Foto: Deni Prastyo/File
Surabaya - Membaiknya pengelolaan Kebun Binatang Surabaya (KBS) membuat Kebun Binatang Fukuoka, Jepang tertarik melakukan kerjasama. Meski masih tahap penjajakan, kerjasama kedua kota tersebut sudah sampai tingkat antar wali kota.

"Hal ini baru penjajakan dari kedua belah pihak dan kami sudah matur ke ibu wali kota Surabaya dan disambut dengan sangat baik," kata Pj Direktur Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS, Aschta Boestani Tadjudin kepada detikcom, Rabu (27/7/2016).

Kata Aschta, Kebun Binatang Fukuoka berharap bisa menjadi 'sister zoo' dengan KBS. Hal ini setelah Selasa (26/7) kemarin perwakilan Fukuoka datang dan berkeliling KBS serta bertemu dengan Wali Kota Risma.

"Perwakilan Fukuoka mengaku sangat terkesan dan ingin melanjutkan kerjasama ke tingkat yang lebih tinggi, terutama untuk manajemen satwa dan pertukaran informasi dan pengetahuan," ungkap Aschta.

Tim Fukuoka, Jepang yang datang ke Surabaya yakni Wakil Wali Kota Fukuoka Atauhito Sadakari, Chief Planning Section Tomoyuki Yukino, Chief International Cooperation Section Shiro Otsuka dan International Affairs Senior Specialist Mrs Mariko Shichijo.

Di Fukuoka Zoo memiliki luas lahan yang sama dengan KBS yakni 10 hektar dengan 120 jenis satwa, dengan total satwa 600 binatang.

Sementara Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengaku masih mempelajari terlebih dulu sebelum menyetujui kerjasama KBS dengan Kebun Binatang Fukuoka. "Saya belum tahu, apa yang akan diinginkan, dan itu saya tidak bisa menjawab sekarang," ujar Risma singkat. (ze/fat)