30 Ribu Pemudik Hari ini Diperkirakan Masuk Malang Melalui Arjosari

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 04 Jul 2016 13:20 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Sasana Terminal Arjosari, Kota Malang, mulai terlihat kesibukannya. Jumlah penumpang yang tiba hari ini diprediksi mengalami lonjakan.

Ketua Tim Angkutan Lebaran Terminal Arjosari Agus Ruskandi mengatakan, puncak arus mudik di Terminal Arjosari diprediksi hari ini.

"Perkiraan penumpang mencapai lebih dari 30 ribu, sebagian besar menggunakan armada Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP)," jelasnya saat ditemui di Terminal Arjosari, Senin (4/7/2016).

Namun dia mengaku, peningkatan hanya terjadi pada kedatangan penumpang. Karena Kota Malang merupakan kota tujuan pemudik.

"Jadinya yang keluar sedikit," kata dia.

Disebutkan, sebanyak 177 armada bus beroperasi untuk melayani jalur Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), sementara AKDP jumlahnya lebih besar yakni 845 armada.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah menyiapkan 20 bus tambahan untuk memenuhi kebutuhan arus mudik Lebaran tahun ini.
Bus tambahan itu untuk kebutuhan transportasi AKDP yang diperkirakan masih kurang.

Jika tambahan bus itu masih kurang, Dishub akan meminta bantuan TNI dan Polri untuk menyediakan tambahan angkutan. "Kami juga siapkan armada cadangan, agar tidak sampai terjadi penumpukkan penumpang," jelas Agus yang juga Kabubag TU UPT Terminal Arjosari ini.

(ugik/ugik)