Jumlah Penumpang Terminal Purabaya Terus Melonjak, Bus Cadangan Sudah Dikeluarkan

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Minggu, 03 Jul 2016 13:38 WIB
Foto: Suparno
Surabaya - Jumlah pemudik yang menggunakan bus di Terminal Purabaya Bungurasih terus meningkat di H-3. Terjadi lonjakan jumlah penumpang di H-3 dibanding H-4.

"Sepertinya lebih ramai hari ini. Hingga pukul 10.00 WIB, jumlah penumpang mencapai 22.657 penumpang," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Terminal Purabaya Surabaya Soesandi Ismawan kepada detikcom, Minggu (3/7/2016).

Melonjaknya jumlah penumpang pada H-3 ini terlihat sejak pagi hari. Bus jurusan favorit untuk dalam kota seperti Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Jember, dan Banyuwangi banyak diserbu penumpang. Bus favorit jurusan luar kota seperti Solo dan Jogja juga ramai dan penuh sesak oleh penumpang.

"Kalau pagi tadi ramai sekali. Siang ini melandai. Diperkirakan akan ramai lagi pada sore dan berlanjut pada malam nanti," kata Soesandi.

Apakah bus cadangan sudah keluar? Sandi mengatakan 9 bus tambahan atau cadangan sudah keluar kemarin malam. Bila diperlukan hari ini juga akan dikeluarkan bus cadangan bila penumpang benar-benar membludak dan tak ada bus di jurusan yang mengangkut mereka.

"Kami akan memantau situasinya," lanjut Soesandi.

Pada H-4 kemarin, jumlah penumpang di Terminal Purabaya mencapai 62 ribu penumpang. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah itu meningkat karena pada hari yang sama pada tahun lalu, jumlah penumpang hanya mencapai sekitar 50 ribu penumpang. (iwd/fat)