Macet dan Butuh Bantuan, Polres Jember Punya Tipsnya

Yakub Mulyono - detikNews
Minggu, 03 Jul 2016 12:21 WIB
Foto: Yakub Mulyono
Jember - Selama arus mudik dan balik seringkali terjadi macet. Bila kebetulan Anda melintas di wilayah Jember dan bertemu titik kemacetan, ada baiknya informasikan arus lalu lintas itu ke aplikasi We Are Ready (WAR).

Dengan aplikasi yang baru diresmikan sebulan lalu oleh Kapoda Jatim, maka pemudik akan menemukan jalur alternatif dengan petunjuk dari melalui aplikasi WAR. Bahkan aplikasi tersebut juga terdapat peta wilayah Jember termasuk jalan.

"Jadi aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang melakukan mudik maupun balik lebaran seperti sekarang," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, Minggu (3/7/2016).

Kapolres mengaku aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Play Store dengan menggunakan HP berbasis android. Masyarakat yang melihat kejadian laka lantas atau kemacetan, bisa melampirkan foto kejadian kemudian memberikan keterangan sebelum akhirnya dikirim melalui menu pengaduan pada aplikasi tersebut.

"Pengaduan yang dikirim oleh masyarakat ini akan kita tindaklanjuti dengan mendatangi lokasi. Ada operator yang merupakan anggota kepolisian standby 24 jam memantau setiap informasi yang masuk melalui aplikasi ini," jelas Sabilul.

Aplikasi ini juga memberikan informasi polsek-polsek terdekat. Termasuk pos-pos pengamanan dan pelayanan yang dipersiapkan Polres Jember selama arus mudik dan balik lebaran.

"Ada 7 Pospam dan Posyan yang kita persiapkan di beberapa titik jalur mudik. Masyarakat yang sudah mengunduh aplikasi WAR, ini juga bisa melihat Pospam dan Posyan terdekat," pungkasnya. (fat/fat)