Perhatikan Tiga Hal Dalam Biskuit untuk Suguhan Lebaran

Rois Jajeli - detikNews
Jumat, 24 Jun 2016 17:55 WIB
Foto: Rois Jajeli
Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Kebiasaan masyarakat lebih memilih berbelanja untuk kebutuhan selama lebaran. Seperti belanja hidangan atau biskuit untuk menu hidangan lebaran nanti. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli biskuit untuk menu suguhan lebaran.

"Perhatikan label halalnya. Perhatikan kandungan bahan-bahannya. Perhatikan batas kadaluarsa," kata Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Jawa Timur Eko Dwi Martini, Jumat (24/6/2016).

Ia mengatakan, tigal hal itu yang sangat utama diperhatikan saat membeli produk biskuit. Dengan label halal, maka konsumen akan merasa aman saat mengkonsumsinya.

Memperhatikan kandungan pada bahan-bahanya juga diperlukan, untuk mengetahui kandungan kalorinya. Melihat kandungan lemaknya, karbohidrat maupun kandungan protein yang ada di biskuit itu.

"Dengan memperhatikan kandungan bahan-bahannya, bisa menentukan biskuit yang disuguhkan untuk siapa. Kalau lemaknya tinggi kan kan nggak cocok untuk orang tua atau mereka yang sedang diet," terangnya sambil menambahkan, kandungan ideal bagi protein antara 10 sampai 15 persen, lemak 10-20 persen dan sisa karbohidrat yang ada kadar gulanya.

Hadi Wijono Sales and Marketing Director PT Mega Global Food Industry-Kokola Group mengatakan, biskuit yang sehat adalah yang sudah memiliki label halal. "Biskuit halal pasti sehat, karena tidak mudah mendapatkan label halal," katanya.

Ia mencontohkan biskuit produk kokola, yang tidak mudah mendapatkan sertifikasi halal. Katanya, row material yang dibutuhkan untuk memproduksi biskuit harus lolos seleksi dan memiliki label halal.

"Bahan baku impor saja dari negara muslim yang mengutamakan produk halal. jadi dengan halal, pasti sehat," tandasnya. (roi/fat)