Pengiriman Saat Lebaran di Kantor Pos Naik 100%, Armada Ditambah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 24 Jun 2016 09:51 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Permintaan jasa pengiriman saat lebaran di kantor Pos Mojokerto naik dua kali lipat sejak beberapa hari terakhir. Membludaknya barang kiriman membuat petugas kewalahan hingga banyak barang tak terangkut. Pihak PT Pos Indonesia pun menambah jumlah armada angkutan.

Manajer Proses dan Transportasi Kantor Pos Mojokerto Nur Hayati mengatakan, peningkatan pengiriman barang terjadi sejak 20 Juni 2016. Jika sebelumnya rata-rata sehari barang yang dikirim sebanyak 80 kantong besar, saat ini naik hingga 160 kantong atau 15 ton per hari.

"Sebagian besar pengiriman barang-barang kebutuhan lebaran, seperti kue lebaran, parsel, pakaian dan sandal," kata Nur Hayati kepada detikcom, Jumat (24/6/2016).

Nur Hayati menjelaskan, permintaan jasa pengiriman barang itu berasal dari warga Mojokerto dengan tujuan beberapa daerah di Jawa Timur hingga Sumatera dan Kalimantan. Seperti pakaian dan sandal, tujuan pengiriman sebagian besar ke Probolinggo, Pasuruan dan Samarinda, Kalimantan Timur.

"Kalau kue lebaran pengiriman dari Mojokerto ke Jakarta sampai Aceh," ujarnya.

Tingginya permintaan jasa pengiriman barang, lanjut Nur Hayati, tentu saja membuat petugas Kantor Pos Mojokerto kewalahan. Setiap harinya, ratusan kantong besar barang tak terangkut oleh armada yang datang tiap pukul 15.00 dan 22.00 Wib.

Oleh sebab itu, sejak 20 Juni lalu, pihaknya menambah satu armada pengangkut dengan kapasitas 7 ton. Armada tambahan itu mengangkut barang dari Kantor Pos Mojokerto pukul 04.00 Wib.

"Jadi saat ini pengambilan barang ke Kantor Pos Mojokerto tiga kali dalam sehari. Barang ini dikirim ke pusat pengolahan surat dan paket barang di Surabaya untuk dipilah pengirimannya via kapal laut atau pesawat," pungkasnya. (fat/fat)