2.016 Prajurit Marinir Pecahkan Rekor MURI Berenang Lintasi Selat Madura

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Kamis, 28 Apr 2016 19:38 WIB
Foto: Imam Wahyudiyanta
Surabaya - Sebanyak 2.016 prajurit marinir berenang bersama melintasi Selat Madura. Yang istimewa, para prajurit tersebut berenang bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Kegiatan ini dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta terbanyak berenang menyeberangi Selat Madura

Sebelum ikut menceburkan diri untuk berenang, Ade memberangkatkan para prajurit dengan menembakkan pistol ke udara. Setelah itu Ade menceburkan diri ikut berbaur berenang bersama para prajurit. Namun Ade tidak lama berenang.

"Saya ikut berenang untuk memberi semangat pra prajurit. Saya hanya berenang 50 meter dan tak sampai finish," kata Ade kepada wartawan, Kamis (28/4/2016).

Saat berenang, Ade memberi semangat dengan cara menyapa para prajurit yang berenang secara berkelompok. Semangat tersebut dinilai penting karena mereka harus berenang sejauh 5,4 km. Ade ingin mereka start bersama dan finish juga harus bersama.

"Berenang melintasi Selat Madura merupakan pembinaan tradisi sekaligus pengukur kemampuan prajurit dalam melaksanakan setiap tugasnya. Kegiatan ini tidak bisa dipisahkan dari kompetensi prajurit," kata Ade.

Jenderal bintang empat ini menambahkan bahwa berenang melintasi Selat Madura bertujuan untuk menunjukkan, membangun semangat, dan membuktikan diri, serta mengukur seberapa mampu para prajurit melakukan renang sesungguhnya.

Ade berharap kegiatan positif ini dilakukan 5-10 tahun sekali sehingga bisa menjadi tradisi marinir. Berenang melintasi Selat Madura menurut Ade terakhir kali dilakukan tahun 1996 dengan peserta yang tidak semeriah sekarang.

"Jangan 20 tahun sekali, tetapi 5-10 tahun sekali harus dilakukan. Ini juga bisa menjadi sarana promosi Jembatan Suramadu," jelas Ade.

2.016 prajurit marinir yang ikut berenang tersebut terdiri dari 644 prajurit Brigade Infanteri-1 Marinir, 526 prajurit Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir, 360 personel dari Resimen Artileri-1 Marinir. 360 personel dari Resimen Kavaleri-1 Marinir, 50 personel dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Lantamal V Surabaya, 50 perenang dari Komando Pendidikan Korps Marinir (Kodikmar), dan 26 perenang dari Akademi Angkatan Laut. (iwd/bdh)