DetikNews
Minggu 03 April 2016, 15:17 WIB

Sirkuit Muncar Banyuwangi Dijadikan Pusat Pelatihan Nasional Balap Sepeda.

Putri Akmal - detikNews
Sirkuit Muncar Banyuwangi Dijadikan Pusat Pelatihan Nasional Balap Sepeda. Aksi pebalap sepeda di Sirkuit Muncar Banyuwangi (Foto: Putri Akmal)
Banyuwangi - Sirkuit Muncar, Banyuwangi dalam segi track dan obstacle yang dinilai memenuhi standar Union Cycle International (UCI) menarik perhatian ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari. Okto mantap menunjuk Banyuwangi sebagai salah satu penyelenggara Pusat Pelatihan Nasional balap sepeda.

"Pelatnas di Jawa akan ditempatkan di Banyuwangi," ucap promotor dua petinju dunia yakni Chris John dan Daud Yordan itu, Minggu (3/4/2016).

Meski dinilai sebagai salah satu sirkuit terbaik di Indonesia, Ketua PB ISSI berharap supaya fasilitas pendukung di sekitar sirkuit bisa dilengkapi.

"Penilaian saya, track BMX terbaik di Indonesia ada di Banyuwangi. Kami berharap fasilitas pendukungnya segera dibangun," tandas Okto.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut positif keinginan PB ISSI untuk menjadikan Banyuwangi sebagai venue pelatnas BMX. Sebelum dibangun menjadi Sirkuit, area seluas 80 hektar itu merupakan lahan aset pemerintah berupa kebun kelapa non profit.

Namun kini berubah fungsi menjadi area sirkuit BMX dan sangat memungkinkan untuk membangun fasilitas pendukung lainnya. Lahan puluhan hektar ini juga akan digunakan sebagai pusat pelatihan kreatif dan mencetak atlet BMX baru dari bumi blambangan.

Keberadaan gedung BLK (Balai Latihan Kerja) Ketenagakerjaan yang berada tak jauh dari sirkuit, menurut Anas, juga bisa dimanfaatkan dan diintegrasikan dengan Sirkuit Muncar dalam rangka pelatnas.

"Di samping sirkuit ini ada BLK, nanti kalau menjadi pusat pelatihan BMX, bisa kita integrasikan dengan memanfaatkannya. Ruang kelas dan penginapannya kan sudah ada. Masih bisa dibangun fasilitas lainnya. Bisa digunakan untuk mencetak atlet-atlet muda berbakat putra daerah," pungkas Anas.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed