DetikNews
Minggu 28 Februari 2016, 16:02 WIB

Ratusan Kayu Jati Ditinggalkan Pelaku Ilegal Logging

Erliana Riady - detikNews
Ratusan Kayu Jati Ditinggalkan Pelaku Ilegal Logging Foto: Erliana Riady
Blitar - Sebanyak 344 gelondong kayu jati ditinggalkan para pelaku ilegal logging di wilayah hutan Kaligambir, Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.

Kepala Administrasi (Adm) KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Blitar Haris Suseno memaparkan pencurian kayu berlangsung di tiga lokasi, yakni petak 67 A, petak 66 C dan petak 66 D.

"Rata-rata pohon jati yang dibabat itu berusia 15 tahun ke atas sehingga diameternya di atas sekitar 60 m," kata Haris Suseno kepada wartawan, Minggu (28/2/2016).

Sambil memeriksa lokasi, petugas juga menghubungi Polsek Panggungrejo karena khawatir para pelakunya kembali. "Anggota kami sempat menyanggong, namun tak ada pelaku yang muncul," tambahnya.

Tumpukan kayu jati itu sudah dipotong dengan ukuran rata-rata 3 meter. Kayu-kayu ini disembunyikan dengan cara ditutupi gundukan ranting sehingga tak mencurigakan.

Diduga para pelaku menunggu waktu yang aman untuk mengangkut karena kondisi lokasi sangat sulit, untuk memindahkan kayu-kayu itu dari tempatnya semula ditebang.

Saat ini kayu yang diduga dipotong dengan mesin itu sedang dalam proses evakuasi ke TPK (tempat penyimpanan kayu) Lodoyo. Untuk mengamankan TKP, petugas memasang police line agar masyarakat tak boleh beraktivitas di situ.

Sebab, biasanya kalau musim hujan seperti ini warga menanami jagung atau kacang di antara tegakkan pohon hutan tersebut (tumpang sari). Dalam kurun tiga tahun ini, aksi penjarahan hutan kerap berlangsung. Namun, tak satu pun, pelakunya tertangkap.

Seperti pencurian, Selasa (12/5/2015) lalu. Saat itu, 11 pelakunya kabur dengan meninggalkan sepeda motor beserta kayu jati curian, yang dibonceng. Itu terjadi saat kepergok petugas yang sedang patroli.
Mereka membabat kayu hutan di petak 15 B, RPH (resort pemangkuan hutan) Ngerejo, badan kesatuan pemangkuan hutan) BKPH Rejotangan, KPH Blitar.

Selain mengamankan 11 sepeda motor, petugas juga menyita 31 gelondong kayu jati dan peralatan mencuri. Seperti 11 gergaji, 5 parang, serta 5 kapak. Namun, hingga kini pelakunya belum tertangkap meski identitasnya diketahui dari sepeda motornya itu.


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed