DetikNews
Rabu 10 Februari 2016, 18:21 WIB

Ini Upaya untuk Membangkitkan Lagi Prestasi PB Suryanaga

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Ini Upaya untuk Membangkitkan Lagi Prestasi PB Suryanaga David (kanan) saat dilantik menjadi Ketua PB Suryanaga
Surabaya - Perkumpulan Bulu tangkis (PB) Suryanaga selama ini dikenal sebagai salah satu pusat pelatihan bulu tangkis yang disegani. Sekolah bagi atlet bulu tangkis ini telah melahirkan maestro dunia seperti Nyoo Kim Bie, Rudi Hartono, Alan Budi Kusuma, Sony Dwi Kuncoro, dan masih banyak yang lain.

Tetapi itu memori lama. Suryanaga kini seakan jalan di tempat. Tak banyak atlet berprestasinya yang mampu menembus pelatnas utama, pun prestasi atletnya yang lain biasa saja. Berangkat dari situ, David Suryanata ingin memberi yang lebih untuk membangkitkan nama besar Suryanaga.

David adalah Ketua PB Suryanaga yang baru. Sudah sebulan pria 37 tahun ini menjabat sebagai  ketua menggantikan ketua sebelumnya, Jacob Rusdianto. Di tangan David, Suryanaga mendapat tambahan nama baru sehingga namanya menjadi Suryanaga Mutiara Timur.

"Kami ingin membangkitkan lagi badminton Jatim pada umumnya dan Surabaya pada khususnya," ujar David kepada wartawan di PB Suryanaga, Rabu (10/2/2016).

Untuk itu, David sudah mempunya strategi dan langkah sendiri. Salah satunya adalah melakukan renovasi GOR Suryanaga termasuk merenovasi fasilitas asrama atlet. Selain itu, manajemen khususnya keuangan akan lebih ditata. David juga akan mengaplikasikan sistem latihan yang baru meski masih tetap mempertahankan staf kepelatihan yang ada.

"Gizi juga akan kami perbaiki untuk si atlet," lanjut David.

Untuk keperluan tersebut, David bersedia mencari sponsor. Sponsor diaku David akan sangat membantu pengembangan Suryanaga secara keseluruhan. Dan David yakin sponsor akan berdatangan karena bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia.

"Dana yang diperlukan untuk kesleuruhan operasional di Suryanaga mencapai Rp 200 juta per bulan," kata pria asal Ende, NTT ini.

Yang pasti, ke depan David akan melakukan pembenahan sistem pembinaan atlet, khususnya atlet muda. Upaya itu salah satunya adalah melakukan coaching clinic. Coaching clinic akan mengundang atlet atau mantan atlet untuk datang ke Suryanaga, termasuk atlet asal Suryanaga sendiri.

Tri Kusharjanto, Alvent Yulianto, Bambang Supriyanto, dan Sony Dwi Kuncoro adalah nama-nama atlet bulu tangkis nasional yang sudah ber-coaching clinic dengan atlet muda Suryanaga.

"Coaching clinic ini diadakan dua kali sebulan," janji David.

Dengan sistem pelatihan yang baru, kata David, sudah mulai terlihat hasilnya pada diri masing-masing atlet. Komentar itu diberikan oleh para orang tua atlet yang mengatakan jika anaknya semakin hari semkain terlihat makin piawai. Namun orang tua atlet pula yang mungkin menjadi pihak yang makin sering melakukan kritik.

"Mereka ingin anaknya langsung berprestasi. Saya bilang sabar, harus ada prosesnya. Tidak bisa instan," terang David.

David yakin atlet Suryanaga akan menjuarai berbagai kompetisi bulu tangkis baik daerah maupun nasional. Dengan begitu David juga yakin ke depannya peringkat Suryanaga akan terdongkrak. Suryanaga kini berada di peringkat ke lima diantara perkumpulan buku tangkis yang ada di Indonesia.

"Kami dulu pada 2007 pernah menjadi nomor satu. Setelah itu kami turun dan terus turun hingga peringkat yang sekarang ini. Ke depan, kami akan menjadi nomor satu lagi," tandas David.
(fat/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed