Cak Ratno, Fotografer Andalan Pemkot Surabaya Punya Segudang Prestasi

Zaenal Effendi - detikNews
Jumat, 22 Jan 2016 20:30 WIB
Foto: Repro Cak Ratno/Zainal Effendi
Surabaya - Selain gebuk drum dan melawak, Cak Ratno juga mahir dalam dunia fotografi. Terbukti, 4 kali Walikota Surabaya, posisinya sebagai fotografer tak tergantikan.

Keempat Walikota Surabaya yang selalu menjadi bidikan kamera Ratno yakni, Sunarto Sumoprawiro, Bambang DH, Bambang DH dan Tri Rismaharini.
Karirnya sebagai tukang foto andalan Pemkot Surabaya berawal sejak di seksi penerangan masyarakat (Penmas) bagian staf sub seksi pertunjukan rakyat.

"Di Departemen Penerangan untuk mendokumentasi selalu menggunakan kamera. Saat itulah, kamampuan fotografi mulai saya asah secara perlahan," kata pria pemilik nama lengkap FX Ratno Wiyantono pada detikcom, Jumat (22/1/2016).

Dengan modal kamera Nikon F3 yang diberikan sang adik saat menempuh beasiswa di Jerman, Cak Ratno mulai meninggalkan bakat seni gebuk drum.

"Saat itu adik hendak pulang dari Jerman menawari saya mau dibelikan oleh-oleh apa. Saya pun bilang ingin mempunyai kamera untuk menunjang kerjaannya di Departemen Penerangan," ungkap lulusan SMAN 4 Surabaya ini.

Hingga saat terjadi Reformasi 1998, pria yang pernah menjadi pelawak top era 80 an ini makin mumpuni kemampuan fotografinya hingga karyanya saat demo reformasi oleh mahasiswa di Surabaya berhasil menyabet juara 1 dalam pameran internal Departeman Penerangan se Indonesia.

Sejak saat itu, dewi fortuna terus memayungi bapak 2 anak ini tiap kali di ajang lomba foto. "Seingat saya ikut pameran foto 3 kali dan ada beberapa juara. Dan paling berkesan adalah juara 1 dalam lomba foto intern Departemen Penerangan," ujar Ratno.

Ia mengungkapkan, juara 1 di intern lomba foto Departemen Penerangan sangat berkesan karena selama penyelenggaraan 7 tahun, perwakilan Jawa Timur selalu menjadi juara umum dalam Jambore Penerangan tapi tidak pernah menyabet juara di lomba foto.

"Ketika saya ikut Jambore Penerangan ke 8 tahun 1996, tidak disangka Jawa Timur mendapat medali emas dengan foto panorama Pantai Balekambang karena saat itu temanya destinasi wisata," ungkapnya sembari mengingat memori yang paling berkesan baginya.

Berikut ajang pameran dan lomba foto yang berhasil dijuarai suami dari Maria Goreti Sri Wahjuindrajanti:

Pameran Foto:

1. Tahun 1998 tema reformasi internal Departemen Penerangan di Malang.

2. Tahun 1998 tema reformasi Departemen Penerangan di Surabaya.

3. Tahun 2015 tema Tanpa Batas dengan 5 fotografer.

Juara Lomba Foto

1. Juara 1 tahun 1986 juara nasional internal Depen antar provinsi,

2. Juara 1 tahun 1988 tema Lingkungan Hidup Piala Walikota Surabaya

3. Juara 1 majalah fotomedia lomba slide tahun 2000

4. Juara 3 tahun 2008 Jawa Pos Car Free Day

5. Juara 1 tahun 2008 Jawa Pos Car Free Day

6. Juara Harapan 3 Nikon Photo Contest tahun 2013

7. Juara 3 PFI Surabaya tema Pahlawan Ekonomi

8. Juara 1 tahun 2015 tingkat Provinsi Jatim dengan tema 'Jawa Timur Menghadapi MEA'.

9. Juara Harapan Perpustakaan Provinsi Jatim tema "Membangun Jawa Timur" tahun 2015. (ze/fat)