Pelatih Indonesia All Star Laporkan Panitia Sunrise of Java Cup

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 06 Jan 2016 17:51 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pelatih Indonesia All Star, Aji Santoso melapor ke Polres Banyuwangi karena merasa ditipu, Rabu (6/1/2015). Aji Santoso melaporkan panitia Ajang turnamen bola "Sunrise of Java Cup" yang digelar 29 Juli-3 Agustus 2015 di Banyuwangi.

Panitia yang dilaporkan adalah Heriyanto Aliong (29), warga Letkol Sugiono, Banyuwangi. Dalam laporannya, pria yang juga pelatih Timnas U-23 ini mengaku belum mendapatkan fee pertandingan turnamen senilai Rp 200 juta.

Di hadapan polisi, Aji Santoso menunjukkan bukti surat pernyataan dari terlapor yang sanggup membayar fee pertandingan sebesar 50 persen yang akan dibayarkan 7 hari sejak dibuatnya surat pernyataan.

Surat itu dibuat 3 September 2015 di Banyuwangi, disaksikan beberapa saksi. Namun hingga kemarin, "fee" pertandingan tak kunjung cair.

"Karena itu, saya pribadi sebagai pelatih Indonesia All Star melapor ke Polres Banyuwangi," kata Aji Santoso usai melapor, kepada detikcom.

Aji menjelaskan, sebelum memutuskan melapor, pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan terlapor. Namun tak bisa. Bahkan, terlapor tak ada itikad baik melunasi fee pertandingan tersebut hingga berbulan-bulan.

"Sulit sekali dihubungi. Ini kan jelas merugikan kami. Pertandingan juga sudah selesai lama," sesalnya.

Selama tiga kali tanding di Banyuwangi, kata Aji, dirinya terpaksa menalangi biaya akomodasi bagi pemainnya. Namun, panitia tak memiliki itikad baik menyelesaikan kewajiban.

Kala itu, kata dia, panitia menyanggupi fee pertandingan selama 3 kali senilai Rp 200 juta. Pihaknya berharap, kasus ini bisa diusut. Sebab, akan memberikan efek jera bagi pelaku. Selain laporan pidana, pihaknya juga akan menggugat panitia secara perdata.

"Jadi, jangan pikir setelah pidana selesai, urusan selesai. Kami akan menempuh jalur gugatan perdata," tegasnya.

Menurut Aji, pihaknya sempat akan diberikan sebuah mobil oleh panitia untuk ganti pembayaran fee pertandingan. Celakanya, mobil tersebut ternyata sewaan, akhirnya pihaknya menolak.

Meski tertipu, Aji mengaku tak kapok mengikuti turnamen serupa di Banyuwangi. Hanya saja, pihaknya akan pilih-pilih dan melihat kualitas panitia ketika akan ikut turnamen.

Turnamen "Sunrise of Java Cup 2015" diikuti empat tim. Masing-masing Arema Cronus, Bali United, Timnas All Star dan Persewangi (Banyuwangi). Ajang ini dimenangkan oleh Arema Cronus dengan hadiah utama sebuah mobil Suzuki R Wagon. Informasi di lapangan, hingga kemarin, Arema Cronus belum menerima hadiah mobil yang dijanjikan, baru fee pertandingan yang dibayar panitia.


(fat/fat)