Kemarau, Empat Kandang Ayam Ludes Dalam Sebulan

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 04 Nov 2015 14:26 WIB
Blitar - Kemarau yang terjadi dengan suhu berkisar di 35 derajat celcius memicu kebakaran di Blitar. Dalam sebulan, terhitung 4 kejadian kebakaran menimpa kandang ayam di wilayah Blitar.

Kali ini, kebakaran terjadi di kandang ayam milik Jumiran (73) di Jalan Simpang Sumatra no 9 Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Kobaran api meluluh-lantakkan seluruh bagian kandang beserta isinya. Ada ratusan ayam kampung yang terpanggang hidup-hidup karena api menjalar begitu cepat. Bahkan api sempat menyambar kayu jati yang rencananya untuk perbaikan rumah serta kandang ayam miliknya, juga ikut ludes terbakar.

Dari keterangan Jumiran, dia tidak mengetahui asal mula api yang membakar dapur dan kandang ayamnya hingga rata dengan tanah. Tiba-tiba istrinya berteriak jika didapur telah terjadi kebakaran.

Mobil PMK Kota Blitar datang dibantu warga sekitar. Namun petugas sempat kewalahan, pasalnya air satu tanki habis, api juga belum mau padam. Alhasil api bisa dijinakkankan setelah petugas mengerahkan 3 unit mobil PMK di lokasi kejadian.
 
Mapolsek Sananwetan dan petugas identifikasi Polres Blitar Kota masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa Kebakaran tersebut.
 
"Dugaan sementara karena arus pendek dan musim kering, jadi mudah sekali terbakar," jelas Wakapolsek Sanan Wetan, AKP Glengsong, Rabu (4/11/2015).

Akibat kejadian ini kerugian ditaksir sekitar Rp 50 juta. Kebakaran kandang ayam ini merupakan kejadian ke 4 kalinya setelah kejadian serupa terjadi di Srengat, Ponggok dan Nglegok Kabupaten Blitar. (iwd/fat)