Hutan di Lereng Gunung Penanggungan Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2015 18:13 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Puluhan hektar hutan di lereng Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto terbakar, Sabtu (24/10/2015). Kondisi cuaca yang berangin membuat api menjalar hingga puncak gunung di ketinggian 1.653 mdpl. Akibatnya, jalur pendakian ditutup sementara. Para relawan sibuk mengevakuasi sejumlah pendaki yang belum turun gunung.

Sekretaris lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Sumber Lestari, Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Khoirul Anam mengatakan, kebakaran hebat diketahui terjadi sejak pagi tadi. Hembusan angin yang sangat kencang di kawasan Gunung Penanggungan membuat api menghanguskan semak dan pepohonan di lereng penanggungan sisi timur dan selatan.

Tak hanya itu, api dengan cepat menjalar ke puncak gunung yang dikenal dengan nama Pawitra ini. "Angin sangat kencang siang tadi membuat semak dan rerumputan di puncak bayangan dan puncak tertinggi habis terbakar," kata Anam saat dihubungi detikcom.

Akibat kebakaran ini, lanjut Anam, LMDH Sumber Lestari yang mengelola pos pendakian Tamiajeng menutup sementara jalur pendakian ke Puncak Penanggungan. "Jalur pendakian kami turup sementara sampai api padam," tandasnya.

Selain sibuk memadamkan api, para relawan dan petugas pendakian sibuk mengevakuasi sejumlah pendaki yang belum turun. Sayangnya, Anam belum bisa memastikan jumlah pendaki yang masih berada di atas gunung. Informasi yang diterima detikcom, terdapat 3 orang pendaki yang terjebak kebakaran tersebut.

"Kami belum bisa memastikan jumlahnya sebab tak menutup kemungkinan ada pendaki yang melalui jalur lain selain Tamiajeng," pungkasnya. (fat/fat)