Ribuan Penari akan Beraksi di Pinggir Pantai Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 25 Sep 2015 17:01 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Ingin melihat ribuan penari gandrung menari bersama? Datang saja ke Banyuwangi. Kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini kembali menggelar pertunjukan kolosal, Gandrung Sewu. 1.000 Lebih Gandrung akan menari di bibir Pantai Boom saat sunset menjelang, Sabtu (26/9) besok.

Sebanyak 1.200 penari ikut ambil bagian dalam kegiatan kali keempat Gandrung Sewu, yang merupakan agenda rutin Banyuwangi Festival. Fantastis! Tahun ini gelaran Gandrung Sewu yang mengangkat tema 'Podo Nonton'.

'Podo Nonton' sejatinya merupakan tembang wajib yang menjadi musik pengiring pada saat pertunjukkan Jejer Gandrung. Tema ini diangkat karena syairnya mengandung makna heroisme dan perjuangan yang sangat berat dari para pendahulu di Bumi Blambangan ketika melawan penjajahan Belanda.

Ketua panitia Gandrung Sewu Banyuwangi, Budianto menjelaskan, tarian Gandrung sendiri terdiri atas tiga segmen yaitu Jejer Gandrung, Paju Gandrung, dan ditutup dengan Seblang Subuh.

"Podo nonton atau bahasa Indonesianya nonton bareng-bareng, merupakan salah satu bagian dari pertunjukan Jejer Gandrung," kata Budianto, Jumat (25/9/2015).

"Tema Podo Nonton pun akan dikisahkan dalam sebuah drama teatrikal yang sarat pesan," pungkasnya.

Event budaya yang digelar tiap tahun ini memperkuat positioning wisata budaya yang menjadi unggulan Banyuwangi selain wisata alam. Beberapa tahun ini Banyuwangi memang konsisten mengangkat seni dan budaya sebagai bagian dari pengembangan wisata.

"Kami bangga memiliki beragam seni dan budaya lokal yang sangat khas. Kami pun ingin seni dan budaya ini dapat dikenal secara luas dan ikut memperkuat khasanah budaya Banyuwangi di tingkat nasional dan internasional," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Event Gandrung Sewu, sambung Anas, juga memperkuat posisi Banyuwangi dalam peta persaingan pariwisata di Indonesia. "Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam di Banyuwangi. Dengan event ini, berarti kami menjual event sekaligus destinasi alam. Sewu Gandrung terbukti telah menjadi daya tarik pariwisata Banyuwangi," jelas Anas. (fat/fat)