Periksa Lintasan KA di Probolinggo, Polisi Temukan Baut Rel Hilang

M Rofiq - detikNews
Minggu, 28 Jun 2015 15:35 WIB
Anggota Polri memeriksa rel di Probolinggo/ M Rofiq
Probolinggo - Persiapan dan pengamanan arus mudik lebaran juga digelar di Probolinggo. Polres Probolinggo juga turut membantu PT KAI mengecek keamanan jalur rel kereta api.

Kondisi rel kereta api di jalur selatan Kota Probolinggo, jurusan Probolinggo-Lumajang, sepanjang 20 Km pun diperiksa. Pasalnya, di rel tersebut kerap kali terjadi kecelakaan dan memakan korban jiwa.
 
Pengecekan yang dilakukan petugas, tentang kondisi rel KA yang sudah tua. Petugas memeriksa kondisi kancing, baut, dan bantalan KA, Minggu (28/6/2015).

Terbukti setelah pengecekan dilakukan oleh petugas, di rel KA yang sudah tua tersebut, ditemukan kancing dan baut penahan besi itu sudah banyak yang hilang dan terlepas dari tempatnya.   

Kasat Sabara Polres Probolinggo AKP Istono, mengungkapkan setelah dilakukan pengecekan di beberapa titik oleh petugas, ternyata memang banyak yang ditemukan kancing dan baut lepas dari tempatnya.

"Kami menduga, banyaknya baut yang hilang ini disebabkan dari unsur kesengajaan, yaitu dicuri orang yang tidak bertanggung jawab," ujar AKP Istono.

Menurut AKP Istono, pihak PT KA memang telah melaporkan terjadinya kancing dan baut yang hilang dan juga kendor. Selain itu, kepolisian mengimbau calon pemudik mewaspadai jalur selatan Jorongan Probolinggo.

"Harus penuh waspada. Pasalnya di sekitar perlintasan kereta api itu rawan terjadinya kecelakaan, motor tergelincir," katanya. (ugik/ugik)