Begini Bentuk Tuyul sebagaimana Dilukis Pipit di Kertas

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 25 Jun 2015 15:49 WIB
(Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang - Ineke Puspitasari (14) alias Pipit membuat heboh warga sekitar Dusun Joho Clumprit, Desa/Kecamatan Sumobito, Jombang. Dia mengaku menangkap tuyul. Boleh percaya, boleh tidak, begini wujud tuyul menurut 'penerawangan' siswi SMP itu.

Pipit menangkap 9 tuyul di rumah pamannya, Rabu (17/6) sore, dan menaruhnya di toples. Sepekan kemudian, 2 tuyul datang ke rumahnya. Total 11 tuyul disimpan di toples.

Pipit mengaku memiliki indra keenam sehingga bisa melihat tuyul. Dia menunjuk toples di meja dan menjelaskan ciri-ciri tuyul. Kata Pipit, tuyul menyerupai anak kecil dengan tinggi badan antara 50-90 cm. Namun bagi orang lain, toples itu tidak berisi apa-apa alias kosong.

Pipit melukis sebuah gambar di kertas. Menurut dia, tuyul berwajah kotak. Telinganya mengacung ke atas. Mulutnya vertikal.

"Matanya merah menyala," kata Pipit.

Menurut Pipit, 11 tuyul itu kerap mencuri uang tetangganya. Ia kesal dan karena itu tak akan melepas selama pemiliknya tidak mengambil langsung ke rumahnya. "Akan saya tunggu sampai yang memelihara ini mengambil, kalau tidak diambil ya biarkan di sini," ungkapnya.

Sejak kabar penangkapan tuyul terdengar, warga berbondong-bondong datang ke tempat tinggal Pipit, rumah kakek-nenek Djeni Siswantoro (71) dan Misti. Aparat desa setempat dan TNI ikut datang untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, mereka ingin memastikan keberadaan makhluk gaib tersebut. (try/ugik)