Wali Kota Pasuruan Minta Ketua RT/RW Awasi Warganya dari ISIS

- detikNews
Senin, 20 Apr 2015 18:46 WIB
Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Hasani mewanti-wanti warganya berhati-hati terhadap pengaruh aliran Islamic State of Iraq dan Syiriah (ISIS). Hasani juga meminta semua Ketua RT dan Ketua RW ikut aktif mengawasi warganya.

Kekhawatiran Hasani ini beralasan karena seorang warga Pasuruan secara terbuka bergabung dengan ISIS. Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal Al Yemeni Al Indunisi bahkan dikabarkan menjadi salah satu paglima angkatan bersenjata ISIS dan beberapa kali muncul lewat video provokasi yang ditujukan pada Pemerintah Indonesia di situs Youtube, termasuk mengancam akan menyerbu Nusakambangan untuk membebaskan Abu Bakar Ba'asyir dan Aman Abdurrahman.

"Akhir ini ada banyak organisasi keras, ada banyak organisasi baru berhaluan keras. Mereka menggunakan berbagai macam modus untuk menyesatkan warga. Warga Pasuruan tidak ada yang bergabung ISIS. Dia (Salim) aslinya bukan Pasuruan, memang sejak kecil tinggal di Pasuruan. Tapi kita harus terus waspada," kata Hasani dihadapan ratusan Ketua RT/RW se-Kota Pasuruan di Kantor Kecamatan Bugulkidul, Jalan Juanda, Pasuruan, Senin (20/4/2015).

Hasani mengatakan pihaknya memperoleh informasi yang bisa dipertanggungjawabkan bahwa ISIS menjalankan berbagai upaya untuk mencari pengikut dengan cara mengiming-imingi mereka umroh gratis dan haji dengan biaya murah.

"Jangan sampai mau ditawari umroh gratis dan haji murah. Modus mereka jika sudah sampai akan menghilangkan parpor sehingga tak bisa pulang kemudian didoktrinasi," jelasnya.

"Saya minta pada semua ketua RT/RW menyelidiki warganya yang minta rekomendasi pengantar umroh atau haji. Tanya biaya sendiri atau dibiayai orang lain," tandasnya.

Pemerintah Kota Pasuruan, kata Hasani rutin melakukan bimbingan keagamaan untuk membentengi warganya dari aliran radikal. Bimbingan dan sosialisasi yang dilakukan bersama TNI- Polri dan tokoh agama itu rutin dilakukan dua bulan sekali.

(bdh/bdh)