Desain Rumah Kampung Majapahit Bersumber dari Kitab Negarakertagama

Desain Rumah Kampung Majapahit Bersumber dari Kitab Negarakertagama

- detikNews
Rabu, 14 Jan 2015 16:16 WIB
File: detikcom
Mojokerto - Desain Rumah Kampung Majapahit di Mojokerto, salah satunya berasal dari usulan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Usulan itu merujuk pada 3 sumber sejarah Majapahit. Yakni Kitab Negarakertagama, relief sejumlah candi dan penemuan artefak kuno.

"Kami dimintai usulan desainnya oleh Pemkab Mojokerto. Sumber datanya ada 3, yakni dari naskah Negarakertagama, data relief dan penemuan artefak kuno," ungkap Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Trowulan, Widodo kepada deticom, Rabu (14/1/2015).

Widodo menjelaskan, relief-relief yang menggambarkan bentuk bangunan Rumah Majapahit pada masa lampau itu terdapat di sejumlah candi. Antara lain, Candi Minak Jinggo di Trowulan, Candi Jago di Malang, Candi Jawi di Pasuruan, dan Candi Penataran di Blitar.

"Dari data relief Candi Minak Jinggo, pola tata ruang perumahan zaman Majapahit berpagar. Perkampungan ini terdiri atas sejumlah perumahan yang dibatasi tembok pagar keliling," jelasnya.

Bentuk bangunan Rumah Majapahit, lanjut Widodo, menyerupai pendopo. Bangunan terbuka dengan tiang penyangga berjumlah 4, 6 sampai 8. Tiang penyangga itu terbuat dari kayu. Lantai rumah terbuat dari batu sungai yang ditutup dengan bata merah. Atap rumah berbentuk limas segitiga memanjang dari bahan kayu.

"Desain Rumah Majapahit yang dipakai saat ini, tidak jauh berbeda dengan usulan kami," imbuhnya.

Desainnya Rumah Majapahit yang saat ini dibangun di Desa Bejijong, Jatipasar dan Sentonorejo sedikit berbeda dengan usulan BPCB Trowulan. Bangunan rumah ini dibuat tertutup.

Temboknya tersusun dari bata merah sehingga terlihat natural. Pondasi rumah tersusun dari batu dibuat tinggi hampir 1 meter. Desain bangunan ini melebar dengan dua daun pintu kembar yang terbuat dari kayu. Selain itu, terdapat dua buah jendela pada sisi kiri dan kanan bangunan.

Pembangunan Kampung Majapahit di Trowulan, Mojokerto akhirnya terealisasi. Sebanyak 137 rumah di 3 desa di kawasan cagar budaya peringkat nasional ini sedang dipugar menjadi rumah ala zaman kerajaan Majapahit di masa lampau. Anggaran yang digelontorkan dari APBD Pemkab Mojokerto dan Pemprov Jatim tahun 2014 mencapai 7,4 Miliar.


(fat/fat)