KA BBM Terguling di Malang

Dugaan Awal Disebabkan Gangguan Rem

- detikNews
Rabu, 23 Sep 2009 16:38 WIB
Malang - Tergulingnya KA BBM di Stasiun Lawang, Malang, Rabu (23/9/2009) diduga akibat rem KA itu blong. Akibatnya lokomotif menerobos jalur dan menabrak sebuah toko cat di kawasan itu.

"Kuat dugaan rem kereta blong, hingga kereta jalan terus dan menabrak toko berada di ujung jalur rel," kata Kepala Stasiun Lawang, Mawan Marianto kepada detiksurabaya.com di lokasi kejadian.

Mawan mengatakan sebelum kereta menabrak dan dialihkan ke jalur pengamanan. Petugas atau pemimpin perjalanan kereta api sudah memberikan tanda bahaya. Yaitu dengan mengibarkan bendera merah. Artinya kata dia laju kereta api harus pelan hingga memudahkan untuk berhenti.

"Sudah ada peringatan dengan mengibarkan bendera merah oleh petugas di stasiun," ungkapnya.

Dia menjelaskan kenapa KA BBM dialihkan ke jalur pengamanan atau jalur cadangan karena pada jalur utama digunakan jalur kereta ekonomi dari Surabaya-Malang. "Jalur ini memang diperuntukkan untuk jalur pengamanan," jelasnya.

Setelah jalur utama kereta api sudah aman. Maka KA berada di jalur pengamanan akan kembali dialihkan ke jalur utama. "Itu merupakan prosedur dari pengamanan jalur kereta api di stasiun lawang," tandasnya. (wln/wln)