detikNews
Selasa 23 Desember 2008, 08:54 WIB

Nikmatnya Botok Tolo Tawon Rasa Pedas dan Asam

- detikNews
Nikmatnya Botok Tolo Tawon Rasa Pedas dan Asam
Lawang - Beragam menu makanan yang bisa menambah stamina tubuh dan memperbaiki jaringan sel dalam tubuh. Salah satunya yakni itu Botok Tolo Tawon. Menu makanan khas dari bahan baku sarang lebah atau biasa disebut tolo ini kini banyak digemari masyarakat.

Jika berkunjung ke Kota Malang jangan lupa mampir di Depot Phoniex berlokasi di Jalan Dr Wahidin, Lawang, Malang. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu, botok tolo ini sudah bisa dinikmati.

Menurut pemilik Depot Phoniex Botok Tolo Tawon, Lina mengatakan, jika menu makanan bikinannya ini sudah ada sejak 15 tahun lalu. Bukan sekedar sebagai menu makanan, botok tolo tawon juga memiliki khasiat yang bermanfaat.

Seperti dapat mengurangi rasa pegal-pegal, menguatkan stamina tubuh. Dan jika konsumsi secara teratur botok tolo tawon ini juga menyembuhkan adanya penyempitan sel tubuh dan perbaiki penyumbatan pada sendi. Botok tolo ini makin nikmat bila ditemani dengan nasi putih.

Bila akhir pekan, tempat usahanya selalu membuat 7 hingga 100 bungkus botol tolo. "Setiap akhir pekan mesti ramai pembeli. Mereka kebanyakan dari luar kota setelah berlibur ke Malang," ujar Lina ditemui detiksurabaya.com<\/strong> di tempat usahanya, Selasa (23\/12\/2008).

Lina mengaku untuk membuat botok tolo itu, setiap sekilo tolo atau bunga madu yang biasa di kaki lebah dapat menghasilkan 25 bungkus botok tolo tawon.

Untuk menu makanan ini, kata Lina, dirinya sengaja tidak mencampur serut kelapa seperti layaknya makanan botok-botok lainnya. Hal ini agar rasa asam dan manis dari tolo lebah dapat terasa bila dikonsumsi pembeli.

Botok tolo racikannya dicampur cabe merah 1\/2 kilo, agar rasa pedas ikut tersajikan. "Kami sengaja campurkan rasa manis, asam dan pedas," jelas Lina yang juga memiliki peternakan lebah sendiri.

Sementara untuk menyajikan menu botok tolo tawon, dia sengaja membungkus daun pisang. Lain dari botok-botok lain menu botok tolo tawon ini memiliki kuah yang rasanya pedas, asam, dan manis.

Saat Anda mencoba mencicipi botok tersebut, ada sedikit aroma lebah atau tawon menyengat hidung saat pelepah daun pisang pembungkus botok dibuka. Mau coba, rasakan kenikmatannya!


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com