DetikNews
Kamis 16 Juni 2016, 15:56 WIB

Anak Bison Pirang ini Belum Punya Nama Lho, Ada yang Usul ?

Muhajir Arifin - detikNews
Anak Bison Pirang ini Belum Punya Nama Lho, Ada yang Usul ? Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, berhasil mengembak-biakkan satwa koleksinya. Seekor anak Bison Amerika lahir dari induk bernama Nanduira dan pejantan bernama Kiasulin.

Kelahiran anakan bison lucu dengan rambut berwarna pirang ini menambah koleksi Bison Amerika di Taman Safari Prigen. Bison seberat lebih dari 20 kilogram ini merupakan keturunan ketiga dari induk Nanduria dan pejantan Kiasulin.

"Kami cukup bangga karena berhasil mengembangbiakan satwa khas Amerika ini. Anakan yang lahir pada 2 Juni 2016 ini sengaja belum kami kasih nama. Nanti akan dikompetisikan namanya," kata General Manager Taman Safari Prigen I Ketut Gunarta, Kamis (16/6/2017).

Memberi nama satwa yang baru lahir dengan hasil kompetisi ini merupakan upaya agar para pengunjung dan masyarakat merasa ikut memiliki dan mencintai satwa dan lingkungannya. "Baru kali ini menamai satwa kita kompetisikan," katanya.

Saat ini anak bison ini masih berada di kandang karantina bersama induknya. Ketika dianggap sudah siap, akan dilepas dan bisa dilihat oleh pengunjung.
Bison Amerika merupakan mamalia yang paling besar di Amerika Utara. Panjang tubuhnya dari kepala hingga ujung ekor 3,6 meter pada jantan dan 2,1-3,1 m untuk betina. Tingginya 1,5-2 meter untuk jantan, sedangkan betina sekitar 1,5 m. Meskipun berbadan besar, tetapi bison mampu berlari kencang hingga 60 km/jam.

Satwa ini bisa hidup hingga usia 20-25 tahun di habitat aslinya dan dilaporkan hingga usia 40 tahun di penangkaran. Hewan penyuka rumput ini dapat ditemukan di kawasan yang banyak pohon hingga semi gurun wilayah Kanada dan Amerika Serikat bagian barat. Bison diketahui sudah punah di Meksiko.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed