Solo Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 16:21 WIB
Banjir di Jalan Yosodipuro, Solo, Rabu (19/1/2022).
Banjir di Jalan Yosodipuro, Solo, Rabu (19/1/2022). (Foto: Muchus Budi R/detikcom)
Solo -

Hujan lebat mengguyur Kota Solo selama lebih dari satu jam siang hari ini. Genangan air pun muncul di sejumlah jalan utama di Solo hingga mengakibatkan lalu lintas tersendat.

Hujan mulai mengguyur Kota Solo sekitar pukul 13.30 WIB, Rabu (19/1/2022). Sekitar sejam diguyur hujan lebat, beberapa kawasan sudah mengalami banjir.

Beberapa titik genangan, yakni di Jalan Yosodipuro, Jalan Gajah Mada, Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Notosuman, Jalan Soepomo, dan simpang Panggung.

Di Jalan Yosodipuro, genangan paling dalam terlihat di timur Monumen Pers. Jalan Gajah Mada sekitar Monumen Pers juga terlihat ada genangan.

Sedangkan di Jalan Urip Sumoharjo, genangan mulai tampak di kawasan Pasar Gede sampai ke simpang Warung Pelem. Sementara di Viaduk Gilingan, pengguna jalan sampai harus memutar balik karena genangan mencapai 50 sentimeter.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan genangan hanya terjadi di jalan raya. Sedangkan kondisi sungai, menurutnya belum ada yang meluap.

"Kondisi sungai masih aman terkendali. Genangan hanya di beberapa jalan," kata Nico kepada wartawan, hari ini.

Cuaca buruk seperti ini, kata Nico, diperkirakan masih terjadi dalam tiga hari ke depan. Dia mengaku sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi banjir.

"Kami sosialisasikan ke masyarakat, tiga hari ke depan kemungkinan masih seperti ini, tapi kita update terus. Kami sudah menyiapkan antisipasi, seperti karung pasir agar genangan tidak masuk ke permukiman dan perahu karet, serta antisipasi pohon tumbang," pungkasnya.

(ahr/sip)