Hak Jawab Alfamart soal Warga Pasarbanggi Geruduk Kantor Minimarket di Rembang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 15:18 WIB
ilustrasi belanja
Ilustrasi (Foto: iStock)
Yogyakarta -

Sejumlah warga Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang kota, menggeruduk kantor PT Sumber Alfaria Trijaya, Rembang. Mereka menagih perusahaan yang menaungi minimarket berjejaring agar memprioritaskan warga desa setempat dalam hal lapangan pekerjaan.

Manajemen Alfamart memberikan penjelasan sebagai berikut.

"Bahwa PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Rembang telah memprioritaskan bagi warga Kabupaten Rembang sebagai karyawan. Dari awal berdiri hingga saat ini sebagian besar karyawan adalah penduduk asli dari Kabupaten Rembang, sesuai dengan data kependudukan," kata Corporate Communication GM, Nur Rachman, dalam siaran pers hak jawab, Rabu (19/1/2022).

Sejak 2014 Alfamart Cabang Rembang sangat memperhatikan hubungan harmonis dengan lingkungan setempat, salah satunya melalui pengelolaan limbah kardus yang dilakukan oleh mitra dari Desa Pasar Banggi atas nama Rasno.

Pada tahun 2020, penentuan pengelolaan limbah kardus dilakukan secara transparan melalui proses tender. Perusahaan mengajak beberapa mitra termasuk pihak Rasno, akan tetapi tender dimenangkan mitra lain, namun demi menjaga hubungan baik, pihak Rasno tetap bisa mengelola 50 persen dari limbah kardus dengan mengikuti harga yang berlaku pada hasil tender.

Sampai tahun 2022 masih melanjutkan pengambilan limbah kardus oleh pemenang tender 50 persen dan pihak Rasno tetap mengelola sebanyak 50 persen. Untuk permintaan sebagai Kades Pasar Banggi untuk mengelola kardus sebanyak 100 persen tentunya tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan.

(rih/sip)