Elang Ditemukan Lemas Kedinginan di Merapi, Begini Kondisinya Sekarang

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 20:29 WIB
Elang hitam nyaris mati kedinginan diselamatkan petani di Klaten
Elang ular bido yang ditemukan lemas di jurang Gunung Merapi. Foto: dok. pribadi Tukiyo Narso.
Klaten -

Seekor elang jenis ular bido (Spilornis cheela) yang diselamatkan warga di jurang Gunung Merapi wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, pada Selasa siang (18/1), kondisinya sudah membaik. Saat ditemukan, elang itu dalam kondisi lemas dan kedinginan.

"Hingga saat ini kondisi Elang Ular Bido itu sehat. Namun belum dapat diketahui jenis kelamin dan usia elang tersebut," ungkap Kepala Resort Kemalang Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Asep Aryanto saat dihubungi detikcom, Selasa petang (18/1).

Asep mengatakan, untuk keperluan observasi dan perawatan lebih lanjut, elang itu dibawa ke Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder BKSDA DIY. Sebab, saat ditemukan kondisi sudah lemas.

"Elang Ular Bido ini ditemukan dalam keadaan lemas oleh seorang masyarakat bernama Narso, ketika yang bersangkutan merumput di Blok Deles, RPTN (Resort Pengelolaan Taman Nasional) Kemalang," jelas Asep.

Asep berujar, Narso melaporkan elang temuannya ke petugas RPTN Kemalang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Boyolali Klaten. Sebab, lokasi penemuan elang itu di kawasan RPTN Kemalang, SPTN Wilayah II BTNGM.

"Selanjutnya, elang tersebut diobservasi kesehatannya dan dibawa ke kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY," terang Asep.

Menurut Asep, elang ular bido termasuk satwa langka dan perlu dilindungi karena perkembangbiakannya terbilang lambat. "Untungnya diselamatkan warga," tambah Asep.

Tukiyo Narso Wiyono (50) mengaku baru sekali ini menyelamatkan elang di Gunung Merapi. "Kalau elang, seumur-umur ya baru sekali ini menemukan. Dulu sering ketemu ular di hutan," kata Narso, warga Desa Sidorejo, Kemalang, itu.

Diberitakan sebelumnya, seekor elang hitam Gunung Merapi diselamatkan Tukiyo Narso Wiyono saat sedang mencari rumput di jurang Argobelah, selatan Deles, sekitar pukul 10.30. Tidak ditemukan luka pada tubuh elang itu.

"Tidak ada luka, elang sudah dewasa. Tadi diperiksa dokter hewan katanya kedinginan," ujar Narso pada detikcom, Selasa (18/1/2022).

Lihat juga video 'Momen Elang Brontok-Elang Alap Jambul Dilepasliarkan di Kulon Progo':

[Gambas:Video 20detik]



(dil/ahr)