SDN Lempuyangwangi Yogya Terbakar, Diduga Gegara Korsleting

Aditya Mardiastuti - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 08:04 WIB
SDN Lempuyangwangi Yogyakarta kebakaran Sabtu (15/1/2022) pukul 23.30 WIB.
SDN Lempuyangwangi Yogyakarta kebakaran Sabtu (15/1/2022) pukul 23.30 WIB. (Foto: dok. Polresta Yogyakarta)
Yogyakarta -

SDN Lempuyangwangi di Jl Hayam Wuruk, Yogyakarta tadi malam terbakar. Kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik di salah satu ruangan kelas.

Peristiwa itu diketahui para saksi yang merupakan satpam dan tukang kebun sekolah pada Sabtu (15/1) pukul 23.30 WIB. Mulanya salah seorang saksi mendengar bunyi letusan dari salah satu ruangan kelas.

"Saksi 3 mendengar bunyi letusan yang disangka sebagai bunyi kembang api. Selanjutnya saksi 3 berusaha memberitahukan kepada saksi 2 dan 3 kemudian bersama-sama mengecek ke dalam lingkungan kelas dan ternyata ruang Kelas 5 sudah mengeluarkan api yang sudah membesar sampai plafon," kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharjo kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Timbul mengatakan ketiga saksi sempat mencoba memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR). Namun api di ruangan kelas itu tidak kunjung padam, sehingga menghubungi pemadam kebakaran.

"Api berhasil dipadamkan pada (Minggu) pukul 24.15 WIB," terang dia.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian akibat kebakaran ini berupa material seperti meja dan kursi.

"Kebakaran dimungkinkan dari arus pendek kabel proyektor yang ada di kelas 5. Kerugian berupa material kelas berupa meja kursi dan papan slide," terang Timbul.

(ams/ahr)