Catat! Ini Cara Ikut Vaksinasi Booster di Bantul

ADVERTISEMENT

Catat! Ini Cara Ikut Vaksinasi Booster di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 17:47 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
Ilustrasi vaksin (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Bantul -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, DIY, mulai menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster hari Senin (17/1) mendatang. Pelaksanaan vaksinasi booster dilakukan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dan sentra vaksin.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja mengatakan bahwa vaksinasi booster di Bantul akan diberikan secara gratis bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas. Sedangkan prioritas sasaran adalah lansia dan penderita komorbid dengan catatan telah memenuhi syarat mendapatkan vaksin dosis ketiga.

"Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dimulai pada hari Senin 17 Januari 2022 dengan kuota per hari 1.000 vaksin," kata Agus kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Nantinya, pelayanan vaksinasi dapat dilakukan di sentra vaksin halaman Dinkes Bantul maupun fasyankes lainnya. Dengan catatan penerima suntikan dosis ketiga memenuhi kriteria khusus yang ditentukan.

"Syaratnya harus vaksinasi dosis 3 yang pertama dosis lengkap 1 dan 2 dengan suntikan vaksin jenis Sinovac. Sedangkan jarak dengan dosis kedua minimal 6 bulan dan mampu menunjukkan e-Tiket di aplikasi PeduliLindungi," ucapnya.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho, menambahkan bahwa setelah kick off vaksinasi booster di Bantul maka masyarakat dapat mendaftar. Namun, pihaknya tetap memprioritaskan lansia terlebih dahulu.

"Untuk jadwal di sentra vaksin (Dinkes) setiap hari dengan kuota 1.000 orang per hari. Untuk mendaftar masyarakat bisa mengakses laman ikutvaksin.bantulkab.go.id," ujarnya.

(rih/ahr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT