Sempat Sepekan Nihil, Kulon Progo Catat 14 Kasus Baru Corona

ADVERTISEMENT

Sempat Sepekan Nihil, Kulon Progo Catat 14 Kasus Baru Corona

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 13:11 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Ilustrasi tes Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko)
Kulon Progo -

Satgas COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melaporkan adanya kasus virus Corona atau COVID-19 setelah sepekan nihil. Tercatat ada 14 kasus baru dari sumber penularan yang sama.

"Iya benar, setelah kemarin (26-31 Desember 2021) kita sempat tidak ada kasus baru, mulai awal tahun ini ada lagi. Total sementara ada 14 kasus terdiri dari 2 kasus asal Kapanewon Samigaluh dan 12 dari Kapanewon Kalibawang," ungkap Juru Bicara Satgas COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, saat dimintai konfirmasi oleh wartawan, Kamis (13/1/2022).

Baning menjelaskan 14 kasus baru itu berasal dari sumber penularan yang sama. Kasus pertama muncul pada 1 Januari 2022. Berawal dari seorang warga Kalibawang yang terkonfirmasi positif usai berpergian dari luar daerah.

"Awalnya dari 1 orang yang positif yang habis bepergian dari luar daerah, diduga yang bersangkutan ini habis liburan Nataru, lalu pulang ke Kalibawang dan ikut acara kumpul-kumpul keluarga," ujarnya.

"Satu orang ini awalnya positif berdasarkan hasil antigen, kemudian ditindaklanjuti dengan PCR, hasilnya benar bahwa yang bersangkutan terjangkit COVID-19. Dari situ dilakukan tracing, di mana ada 13 kontak erat yang juga positif," sambungnya.

Baning mengatakan ke 14 kasus positif itu dalam kondisi tanpa gejala dan kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Terhadap kasus tersebut, Satgas COVID-19 setempat masih melakukan upaya tracing guna mengetahui berapa banyak kontak erat kasus.

"Tim kami sekarang masih melakukan upaya tracing. Semoga saja tidak ada penambahan kasus baru lagi dari kasus ini," ucapnya.

(rih/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT