Bangkai Penyu Ditemukan di Pesisir Kulon Progo, Begini Kondisinya

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 14:05 WIB
Pemancing temukan bangkai penyu di Pantai Bugel, Kulon Progo, Selasa (11/1/2022).
Pemancing temukan bangkai penyu di Pantai Bugel, Kulon Progo, Selasa (11/1/2022). (Foto: dok SRI Wilayah V Kulon Progo)
Kulon Progo -

Seekor penyu jenis lekang ditemukan mati membusuk di sekitar Pantai Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo. Bangkai penyu ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemancing.

"Iya benar tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB kami dapat laporan dari seorang pemancing, bahwa yang bersangkutan ini menemukan ada bangkai penyu di wilayah Pantai Bugel," ungkap Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko saat dimintai konfirmasi oleh wartawan lewat pesan singkat, Selasa (11/1/2022).

Mendapati laporan tersebut, personel SRI Wilayah V Kulon Progo yang sedang bertugas segera mendatangi lokasi. Dari pemeriksaan itu diketahui bahwa penyu sudah dalam kondisi mati dan membusuk sehingga mengeluarkan bau menyengat.

Adapun penyu ini memiliki panjang sekitar 75 cm, lebar sekitar 60 cm. Ciri fisiknya yaitu berkulit hitam kecokelatan dengan permukaan kulit yang halus.

"Bangkainya masih utuh, tapi sudah membusuk," ujar Aris.

Atas temuan ini petugas SRI Wilayah V Kulon Progo telah melapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut. Adapun bangkai itu sudah dikubur dengan diberi tanda khusus.

"Sudah kami tandai kuburannya, nanti kalau dari BKSDA datang memeriksa kita bongkar lagi," ucapnya.

Aris menjelaskan temuan bangkai penyu ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya penyu dengan jenis yang sama, juga ditemukan mati membusuk pada November dan Desember 2021, di kawasan pantai Kulon Progo.

"Wah kalau dihitung sudah banyak mas, sebelum ini ada temuan juga pada November dan Desember tahun lalu. Jenisnya sama-sama lekang, sudah mati membusuk di tepi pantai," ucapnya.

(sip/rih)