Round-Up

Terlalu! Jalan Dibiarkan Rusak hingga Dijadikan 'Lomba Mural' oleh Warga

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 06:43 WIB
Lomba mural jalan rusak di Klaten, Minggu (9/1/2022).
Foto: Tangkapan layar IG @kabar_klaten
Klaten -

Kerusakan jalan Kepoh-Juwiring, Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah digambar menjadi pola seekor burung.

Lubang jalan yang digambar itu viral setelah ditulisi kalimat lomba mural dalan (jalan dalam Bahasa Jawa) rusak.

Unggahan jalan rusak bergambar burung itu kali pertama diunggah di akun Instagram @kabar_klaten pada Sabtu (8/1/2022) sore. Setelah 16 jam sejak diposting, jalan rusak bergambar burung itu ditanggapi sebanyak 4.752 kali.

Pada unggahan foto itu terlihat jalan aspal yang berlubang. Lubang aspal tersebut di sekelilingnya dicat semprot warna putih yang membentuk gambar burung.

Di bagian atas gambar ditulis kalimat 'Lomba Mural Dalan Rusak'. Di belakang jalan rusak itu terdapat deretan toko yang sedang buka.

"Tidak ada lomba. Itu (postingan) cuma untuk mengingatkan pemerintah saja," ungkap pengunggah foto dan pembuat gambar burung, M Ali Fahmi (26), kepada detikcom di lokasi, Minggu (9/1).

Fahmi mengaku prihatin dengan kerusakan jalan yang tidak kunjung dibenahi. Kerusakan itu bisa mencelakakan pengendara yang melintasinya.

"Belum ada yang jatuh tapi berisiko mencelakakan karena kendaraan dari barat pasti ambil kanan menghindari lubang, padahal dari timur jalan berbelok sehingga rawan tabrakan," terang Fahmi.

Dia mengungkap kerusakan ruas jalan tersebut tidak hanya di satu di titik.

"Harapan ya segera diperbaiki. Sebab kerusakan jalan seperti ini tidak hanya disini tapi di ruas lain," sambungnya.

Saat ditanya soal pilihannya menggambar seekor burung di lubang jalan itu, Fahmi mengaku idenya hanya kebetulan. Menurutnya bentuk lubangnya cocok dibentuk gambar burung.

"Kalau lubangnya mirip tikus ya saya gambar tikus, tapi untung tidak gambar tikus," ucap Fahmi.

Warga lainnya, Kardiyono, mengatakan sebelumnya lubang jalan itu sering dipasang keranjang sebagai rambu karena rawan membuat celaka.

"Rawan kecelakaan karena pengendara menghindari lubang. Padahal dari arah timur jalan menikung, sering kencang," ungkap Kardiyono padadetikcomdi lokasi, hari ini.

Camat Juwiring, Herlambang Joko Santoso, menambahkan kerusakan jalan tersebut sudah dilaporkan ke dinas terkait. Bahkan ada petugas yang menyurvei lokasi itu.

"Sudah disampaikan ke dinas terkait. Itu dari DPU cabang Delanggu sudah survei lokasi," ungkap Herlambang saat dihubungidetikcom.

Saat diminta konfirmasi, Wakil bupati Klaten, Yoga Hardaya, berjanji akan segera menindaklanjuti kerusakan jalan tersebut.

"Terima kasih informasinya. Segera akan kita tindaklanjuti," ungkap Yoga pada detikcom melalui pesan singkat, siang ini.

Simak juga 'Jalan Rusak Tak Diperbaiki, Warga di Subang Blokir Jalan!':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)