Ashanty Positif COVID-19 Usai dari Turki, Mahfud Md Bilang Begini

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 20:21 WIB
Mahfud Md saat menghadiri acara di UII, Sleman, DIY, Jumat (7/1/2022).
Mahfud Md saat menghadiri acara di UII, Sleman, DIY, Jumat (7/1/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Sleman -

Penyanyi Ashanty dinyatakan positif COVID-19 sepulang dari liburan di Turki. Ia diduga terpapar virus Corona jenis Omicron.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md saat ditanya terkait kabar itu mengaku belum tahu.

"(Ashanty terpapar Omicron?) Wah ndak tahu saya, kalau itu tanya sama Anang," kata Mahfud di kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, DIY, Jumat (7/1/2022).

Terlepas dari kabar itu, Mahfud menyampaikan penanganan COVID-19 di Indonesia telah diakui dunia. Pada pekan ini, kata Mahfud, posisi Indonesia sejajar dengan China dan Jepang.

"Tetapi yang ingin saya sampaikan Indonesia itu adalah tiga yang oleh dunia disebut di level satu. Tiga negara sekarang yang dianggap terbaik ya, RRC, Indonesia, Jepang dalam penanganan COVID, minimal satu minggu ini," ucapnya.

Sebelumnya, penyanyi Ashanty dikabarkan positif COVID-19 varian Omicron usai balik pelesiran dari Turki. Kemenkes beri penjelasan.

Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan Ashanty belum terkonfirmasi varian Omicron. Namun dia membenarkan Ashanty positif Corona.

"Memang ada PPLN salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina," ujar Nadia, kepada wartawan, Jumat (7/1).

Nadia mengatakan ketentuan orang dari luar negeri akan diperiksa dua metode yakni S-gene target failure (SGTF) dan Work Health and Safety (WHS). Termasuk Ashanty yang sedang menjalani pemeriksaan.

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan keduanya dan untuk melokalisir Omicron pemerintah mengambil kebijakan semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat di RS atau Wisma Atlet," jelasnya.

Tonton juga: Merasakan Tempat 'Healing' yang Lagi Viral di Tengah Kota Jakarta

[Gambas:Video 20detik]




(rih/mbr)