Warga Pekalongan Tangkap Buaya Muara 2,5 Meter di Kali Kupang

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 13:17 WIB
Warga menangkap buaya muara di Kali Kupang, Kota Pekalongan, Jumat (7/1/2022).
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Kota Pekalongan -

Warga Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Pekalongan Selatan, berhasil menangkap seekor buaya muara yang kerap muncul di Kali Kupang, Pekalongan. Buaya muara ini masuk perangkap yang dipasang warga.

"Kemarin kita pasang perangkap dengan ayam. Saya cek, ternyata sudah ada buaya. Pagi ini berhasil masuk perangkap," kata warga setempat, M Andi Syaidip (43), kepada detikcom, Jumat (7/1/2022).

Andi menyebut, dirinya memasang perangkap tersebut bersama rekannya, Miftahudin (32), kemarin sore. Menurut dia, buaya yang berhasil ditangkap ini merupakan buaya yang kerap muncul di Kali Kupang.

"Sebenarnya ada empat, yang kerap muncul di sungai ini. Dua dewasa dan dua anakan," terang Andi.

Jenis buaya muara yang berhasil ditangkap ini, lanjut Andi, berukuran panjang sekitar 2,5 meter. Warga kemudian melaporkan tangkapan ini ke Damkar Kota Pekalongan dan Polsek Pekalongan Selatan.

Usai mendapatkan laporan, petugas kemudian mendatangi lokasi untuk mengamankan buaya tangkapan tersebut. Sambil berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, buaya tersebut sementara dibawa ke Polsek Pekalongan Selatan.

"Kita sampai di lokasi, buaya sudah dalam kondisi terikat tali. Kita sudah koordinasi dengan BKSDA Provinsi, rencananya siang ini meluncur dan untuk sementara buaya kita amankan di Mapolsek Pekalongan Selatan," ujar petugas Damkar Kota Pekalongan, Yudha Wijaya (37).

Ditemui di lokasi yang sama, Kapolsek Pekalongan Selatan, Kompol Basuki menyebut, buaya muara itu betah hidup di Kali Kupang selama bertahun-tahun. Pasalnya, peternak kerap membuang bangkai ayam di sungai sehingga menjadi makanan empuk bagi buaya muara.

"Dari laporan warga ada empat buaya muara. Dengan berhasil diamankan satu ini, masih ada tiga buaya sejenis di Kali Kupang. Kami berharap, warga untuk senantiasa waspada saat melakukan aktivitas di sungai," jelasnya.

(aku/ahr)