2 Tahun Ditutup Gegara Pandemi, Gerbang Belakang UNS Dibuka Lagi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 16:37 WIB
UNS
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Foto: dok UNS)
Solo -

Setelah dua tahun ditutup gegara pandemi, gerbang belakang Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kini dibuka kembali. Pembukaan dilakukan karena penurunan kasus Corona atau COVID-19.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan dalam beberapa waktu terakhir, lalu lintas di pintu gerbang depan UNS sudah mulai ramai. Maka sekarang ada dua pintu gerbang yang difungsikan.

"Sudah sejak Senin kemarin kita buka dua gerbang. Karena di depan itu sudah ramai. Tapi sekarang memang perkuliahan sedang libur, jadi tidak terlihat ramai," kata Jamal saat dihubungi detikcom, Kamis (6/1/2022).

Sedangkan pintu gerbang antara Fakultas Hukum (FH) dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), kata Jamal, sedang direnovasi. Pintu ini bakal berhadapan dengan Solo Technopark.

"Gate III ini nanti menjadi simbol sinergitas, menyatunya UNS dengan Solo Technopark. Dari barat nanti kalau ke kiri ke Solo Technopark, kalau ke kanan ke UNS," ujarnya.

Pembukaan gerbang ini juga sebagai bentuk pelonggaran kegiatan di UNS. Jamal mengatakan akan semakin banyak kegiatan yang dilakukan secara luring.

Salah satunya ialah kegiatan perkuliahan dengan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) yang bakal semakin longgar. Namun demikian, Jamal masih belum menerapkan sistem PTM 100 persen.

"Tentunya akan semakin banyak kegiatan luring, menguji skripsi, laboratorium, pelayanan akan kita buka. Terkait PTM, sekarang masih di angka 30 persen yang luring. Semester genap nanti kalau situasi semakin baik, akan kita tambah," pungkasnya.

(rih/sip)