Gempa Darat Guncang Dieng, Begini Penjelasan BMKG

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 14:54 WIB
Gempa M 1,5 guncang Dieng Wonosobo, Kamis (6/1/2022).
Gempa M 1,5 guncang Dieng Wonosobo, Kamis (6/1/2022). (Foto: dok BMKG)
Banjarnegara -

Gempa bermagnitudo 1,5 terjadi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah siang ini. Belum ada laporan kerusakan atas kejadian itu.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, gempa bumi yang terjadi pukul 12.36 WIB ini dirasakan warga di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur. Namun hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

"Guncangannya dirasakan warga di wilayah Desa Kepakisan. Seperti benda-benda yang digantung bergoyang. Tetapi sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (6/1/2022).

Ia menyebut, gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini terjadi di 23 kilometer Barat Laut Wonosobo. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Hal ini disebabkan adanya aktivitas sesar lokal.

"Kalau dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal. Karena ada aktivitas sesar lokal," jelasnya.

Setyoajie menyampaikan, hingga saat ini belum ada potensi gempa susulan. Namun demikian, warga di sekitar wilayah Desa Kepakisan diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Hingga pukul 13.30 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," imbaunya.

Ia juga mengingatkan kepada warga untuk memeriksa bangunan tempat tinggalnya. Hal ini untuk memastikan kondisi bangunan sebelum kembali masuk rumah.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. Warga juga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa bermagnitudo 1,5 terjadi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah terjadi pada pukul 12.36 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.18 LS dan 109.80 BT. Atau tepatnya berada di darat pada jarak 23 km barat laut Wonosobo, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

(ahr/sip)