Usai Viral Tiduran di Tengah Jalan, Jaenab Kini Ditemukan Nyaris Pingsan

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 17:31 WIB
Petugas PMI Banjarnegara memeriksa Zaenab, wanita yang sempat viral karena tidur di jalan
Petugas PMI Banjarnegara memeriksa Jaenab, wanita yang sempat viral karena tidur di tengah jalan. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Warga di Kelurahan Kelurahan Wangon, Banjarnegara, Jawa Tengah, dikejutkan dengan keberadaan wanita yang nyaris pingsan di halaman masjid setempat hari ini. Orang itu ternyata Jaenab, emak-emak yang sempat viral di media sosial lantaran tidur di tengah jalan beberapa hari lalu.

"Tadi duduk di halaman masjid di Gumelar, Kelurahan Wangon, dekat kantor PMI. Orangnya terlihat lemas seperti mau pingsan. Katanya belum makan," kata Humas PMI Banjarnegara Alwan Rifai saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (5/1/2022).

Wanita asal Desa Lebeng, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas itu terlihat lemas sembari membawa dagangannya berupa makanan ringan seperti selai pisang, lanting dan kacang.

"Karena kondisinya lemas, akhirnya kami bawa ke kantor PMI Banjarnegara untuk diberi makan dan pemeriksaan (kesehatan)," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjutnya, kondisi fisik Jaenab dinilai cukup sehat. Wanita itu juga tidak terdeteksi memiliki gangguan kejiwaan.

"Kalau secara fisik sehat, hanya memiliki riwayat sakit maag katanya. Kalau kejiwaan, untuk komunikasi nyambung seperti orang pada umumnya," katanya.

Setelah memberikan pertolongan secukupnya, petugas PMI Banjarnegara akhirnya membolehkan Jaenab untuk pulang. Para petugas juga mengingatkan agar Jaenab tidak melakukan hal-hal yang membahayakan.

"Setelah kami periksa, dia pulang. Katanya mau naik bus saja. Tadi sudah saya ingatkan kalau jualan jangan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Seperti tidur di tengah jalan seperti kemarin," ujarnya.

Sebelumnya, Jaenab sempat membuat geger warga karena sengaja tiduran di tengah jalan di Desa Kalimandi, Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara. Aksi nekat itu pun viral di media sosial.

Belakangan diketahui, Jaenab diduga sengaja tiduran di tengah jalan agar warga mau melarisi dagangannya yang berupa makanan ringan.

Saat ditemui di PMI banjarnegara, Jaenab mengaku kondisinya memang sedang tidak sehat. "Saya punya sakit maag," katanya.

Dia membantah bahwa aksinya tiduran di tengah jalan yang belakangan viral merupakan modus agar dagangannya laku. "Kemarin tidur di jalan karena sakit perut," katanya.

Warga Desa Lebeng, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas ini mengatakan, setiap harinya berjualan makanan ringan sejak 2019 lalu. Ia mengaku berjualan keliling di sekitar Banyumas Raya.

(ahr/sip)