Super Air Jet Resmi Terbangi Langit Kota Solo

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 16:52 WIB
Super crew Super Air Jet.
Ilustrasi kru Super Air Jet. (dok Super Air Jet)
Boyolali -

Maskapai Super Air Jet resmi membuka penerbangan rute Jakarta-Solo-Jakarta, mulai hari ini. Penerbangan perdana dilakukan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Untuk melayani penumpang, Super Air Jet menggunakan pesawat jenis Airbus 320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Rangkaian peluncuran rute penerbangan ini turut dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan serta tamu undangan lainnya. .

Direktur Operasional Super Air Jet, Capt Buntoro mengatakan, Kota Solo menjadi destinasi ke-3 di Pulau Jawa setelah Surabaya dan Yogyakarta, dan ke-11 secara nasional sejak terbang perdana 6 Agustus 2021.



"Solo ini destinasi utama di Jawa Tengah dan kota ke-11 secara nasional. Kami sangat gembira bisa menghadirkan penerbangan ini," kata Buntoro kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Buntoro juga mengatakan saat awal operasionalnya, pihaknya hanya menggunakan tiga pesawat. Kemudian pada Desember jumlah pesawat telah mencapai 11 unit.

"Sampai saat ini secara keseluruhan sudah ada sekitar 40 flight per hari dengan jumlah penumpang mencapai 6.000-7.000 orang per hari," tuturnya.

"Kami mengedepankan ketepatan waktu dalam layanan. Juga mengusung konsep kekinian dan milenial, memberdayakan kaum muda dan milenial," sambung Buntoro.

Untuk rute Solo-Jakarta dengan nomor penerbangan IU 637 berangkat dari Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC) pukul 10.40 WIB. Pesawat itu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.55 WIB.

Sedangkan dari Jakarta pesawat berangkat dari Terminal 2D Soekarno-Hatta pukul 08.45 WIB, tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo (SOC) pukul 10.00 WIB.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan peresmian rute penerbangan ini menjadi momen yang cukup bagus dalam membangkitkan perekonomian.

"Ini momen yang sangat baik untuk membangkitkan perekonomian di Kota Solo. Ini kan di Solo traffic-nya masih kurang apalagi kena pandemi," kata dia yakin.

"Perlu kita genjot lagi, harus ada flight untuk umrah juga harus ada, sebelum pandemi pada hilang," kata dia.

Simak juga 'Super Air Jet Akan Terbang di Sejumlah Destinasi Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(ahr/sip)