Bersamaan PPKM Level 1, Kabupaten Magelang Nol Kasus COVID Hari Ini

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 15:36 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Kabupaten Magelang -

Bersamaan dengan PPKM level 1, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melaporkan zero kasus atau nol kasus COVID-19 hari ini. Meski demikian, warga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah hari ini kasus kita nol atau zero. Nggak ada (pasien yang dirawat), nol kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

"Itu harus kita pertahankan dan mempertahankan itu juga tidak mudah. Saya kira karena situasi pandemi ini kan sangat dinamis, sangat tergantung dengan situasi dari luar dalam hal ini dari luar Kabupaten Magelang juga bisa berpengaruh," lanjutnya.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang, total kasus terkonfirmasi 23.175, terdiri 21.841 sembuh dan meninggal dunia 1.334 orang.

Nanda menambahkan, wilayah Kabupaten Magelang saat ini juga sudah masuk PPKM level 1 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 1 tahun 2022 tertanggal 3 Januari 2022.

"Kabupaten Magelang saat ini sudah masuk di PPKM level 1," kata Nanda.

Nanda mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Termasuk dalam menjalankan aktivitas harian.

"Walaupun sudah di level 1 dan tidak banyak daerah di Jawa Tengah masuk di level 1, tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Aktivitas kegiatan apapun terutama menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan itu yang harus kita pedomani bersama-sama," tuturnya.

Sementara itu terkait capaian vaksinasi, dosis pertama sekarang sudah mencapai 71,78 persen. Hal ini terus dipacu agar mencapai 100 persen.

"Sudah 71,78 persen dan ini masih kita pacu, mendekati 100 persen. Angka riil, ikut vaksin melalui Kota Magelang, tidak menjadi masalah, kita upayakan warga Kabupaten Magelang bisa divaksin," ujar Nanda.

(rih/sip)