Viral! Sepasang WNA Kepergok Panjat Pagar Kompleks Candi Prambanan

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 17:12 WIB
Viral video aksi sepasang WNA memanjat pagar kawasan Candi Prambanan, Minggu (2/1/2022).
Viral video aksi sepasang WNA memanjat pagar kawasan Candi Prambanan, Minggu (2/1/2022). Foto: Tangkapan layar akun media sosial
Sleman -

Sebuah video aksi sepasang warga negara asing (WNA) diduga tengah menerobos kawasan Candi Prambanan viral di media sosial. Dalam video itu keduanya terlihat memanjat pagar area terluar kompleks Candi Prambanan dan menerobos masuk.

Video berdurasi 2 menit 20 detik itu dibagikan oleh akun Facebook Suyudi Ahmad di grup Geger Geden Wilayah Klaten. Nampak kedua WNA itu bergantian memanjat pagar sisi selatan Candi Prambanan.

Kedua WNA itu terlihat mengenakan kaus berwarna putih dan celana batik. Mereka tampak celingukan dan kemudian memanjat pagar.

"Iki lurr, londo ra nde det (ini, lurr. Bule nggak punya uang). Tidak patut untuk dicontoh. Sc group sebelah," tulisnya seperti dilihat detikcom, Senin (3/1/2022).

Saat dimintai konfirmasi, General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Jamaludin Mawardi membenarkan peristiwa dalam video itu. Menurutnya, kejadian itu terjadi pada Minggu (2/1).

"Hari Minggu (2/1) kemarin itu kejadiannya. Dua orang laki-laki, perempuan," kata Jamal saat dihubungi wartawan, Senin (3/1).

Namun, saat ditanya soal kewarganegaraan kedua WNA itu, Jamal belum mengetahui.

"Kewarganegaraan mana itu baru dicari tahu," ujarnya.

Kedua WNA itu diketahui memanjat pagar sisi selatan Candi Prambanan yang berbatasan dengan Jalan Raya Yogya-Solo. Setelah berhasil menerobos masuk keduanya dipergoki oleh satpam yang curiga dengan gerak-gerik mereka.

"Nah kok tiba-tiba ada yang merekam mereka mau nylungsup (menerobos) nggak bisa, akhirnya mereka melompat pagar. Di dalam itu petugas sekuriti kami itu agak curiga, kok ini ada dua bule masuknya di sisi barat," jelasnya.

Setelah ditangkap di dekat Kantor Unit Candi Prambanan, keduanya kemudian diarahkan untuk membeli tiket seharga USD 25 per orang.

Jamal menyebut kejadian ini baru pertama kali. Ia mengaku dengan terbatasnya jumlah petugas, pengamanan tidak bisa maksimal hingga sisi-sisi terluar. Namun, dengan adanya kejadian ini, pihaknya akan intens melakukan patroli.

"Ya antisipasi gini, kalau 100 persen kita secure ya belum bisa karena petugas kita paling mengoptimalkan patroli ke kawasan. Tapi kan tidak sepanjang jalur itu ada petugas kita, sangat terbatas jumlahnya," ujarnya.

"Ya berarti pengalamannya adalah intens soal patroli. Ke titik-titik yang selama ini jarang dijamah oleh wisatawan," pungkasnya.

Lihat juga video 'Miliki Psikotropika, WNA Asal Inggris Ditangkap Polres Magelang':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)