Begini Rekonstruksi Detik-detik Handi-Salsa Dibuang di Sungai Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 15:34 WIB
Rekonstruksi kasus tewasnya Handi-Salsa di Banyumas, Senin (3/1/2022).
Rekonstruksi kasus tewasnya Handi-Salsa di Banyumas, Senin (3/1/2022). Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas -

Selain di Nagreg, rekonstruksi kasus kecelakaan Handi Saputra (18) dan Salsabila (14) yang melibatkan tiga oknum prajurit TNI juga digelar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Rekonstruksi berlangsung di jembatan Sungai Tajum, Desa Menganti yang merupakan jalan penghubung antara Banyumas-Cilacap.

Dari pantauan detikcom pukul 14.05 WIB, rekonstruksi yang dilakukan oleh Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) berlangsung terbatas. Masyarakat maupun wartawan dibatasi jarak sekitar 100 meter dari jembatan Sungai Tajum, lokasi yang diduga digunakan oleh tiga oknum TNI untuk membuang korban Handi dan Salsa.

Hadir tiga tersangka yaitu Kolonel Infanteri Priyanto (tersangka 1), Kopda Ahmad Sholeh (tersangka 2), dan Kopda Dwi Atmoko (tersangka 3). Terlihat juga mobil hitam bernomor polisi B 300 Q berada di tengah jembatan Sungai Tajum dari arah Cilacap menuju Banyumas.

Dari pantauan, dengan menggunakan boneka, terlihat korban pertama dibuang ke Sungai dengan posisi kepala berada di bawah, sedangkan korban kedua dibuang dengan posisi kaki terlebih dahulu.

Sungai Tajum sendiri bermuara di Sungai Serayu, lokasi ditemukannya jenazah Handi dan Salsa. Kegiatan rekonstruksi berakhir pukul 14.24 WIB.

Rekonstruksi kasus tewasnya Handi-Salsa di Banyumas, Senin (3/1/2022).Rekonstruksi kasus tewasnya Handi-Salsa di Banyumas, Senin (3/1/2022). Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Terpisah, Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy membenarkan ada rekonstruksi kasus Handi-Salsa di Desa Menganti, Banyumas. Namun kepolisian hanya melakukan pengamanan saja.

"Benar ada rekonstruksi di Desa Menganti Banyumas, Polri hanya membantu pengamanan saja, pelaksanaan sepenuhnya dari Denpom pusat," kata Iqbal lewat pesan singkat, Senin (3/1).

Sementara itu Kapendam IV Diponegoro, Kolonel Inf Enjang mengatakan kasus kematian Handi-Salsa itu ditangani Kodam III Siliwangi, termasuk penanganan dua tersangka yang merupakan oknum Kodam IV Diponegoro.

"Itu kewenangan Pomdam III," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga oknum prajurit TNI, yang terlibat kematian sejoli Handi Saputra (18) dan Salsabila (14), melakoni rekonstruksi di lokasi tabrakan, Nagreg, Kabupaten Bandung, Senin (3/1/2022). Reka ulang adegan berlangsung singkat dengan lima adegan.

Simak video 'Tangan Diborgol, Kolonel Priyanto Cs Jalani Rekonstruksi Kasus Handi-Salsa':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya...