Menyoal Patung Naga di Bandara Yogya

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Menyoal Patung Naga di Bandara Yogya

Jalu Rahman Dewantoro - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 10:17 WIB
Patung naga di Bandara YIA Kulon Progo
Patung naga di Bandara YIA (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Kehadiran patung naga di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo, DIY disorot oleh politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya. Namun, meskipun display patung tersebut dipersoalkan, pihak otoritas bandara tetap mempertahankannya.

Patung naga yang diberi nama Naga Jalur Sutra ini merupakan buah karya Tri Suharyanto, pamatung asal Bantul. Tri menyadari bahwa hadirnya karya patung naga ini akan memicu pro kontra. Namun, ia memastikan karya yang ia buat memliki makna yang positif.

"Dari karya ini memang menjadi konsekuensi saya untuk memunculkan itu sehingga pasti akan menjadi masalah. Apalagi berbau China segala macam dan kita tahu kekuasaan China memang kuat menguasai perekonomian bangsa," imbuhnya.

Ia pun berharap dari kontroversi yang ada itu, masyarakat tidak mudah dipecah belah dan kembali pada jati diri bangsa yang suka gotong royong dan ramah. Tri juga ingin agar kebesaran nusantra yang hanya jadi mitos bisa muncul lagi ke permukaan.

Karya Naga Jalur Sutra dengan panjang 7 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 2,5 meter itu pun masih terpajang di Bandara YIA Kulon Progo hingga saat ini.

Tetap Dipertahankan

Pengelola Bandara YIA memastikan Patung Naga yang mendapat sorotan dari Mustofa Nahrawardaya masih dipajang di kawasan bandara tersebut. Patung ini tetap dipertahankan hingga nantinya diganti secara periodik menyesuaikan tema yang diinginkan otoritas bandara.

"Untuk saat ini masih kami pasang, tapi ini cuma temporary, karena nanti pasti akan kami ganti lagi. Penggantian ini berlaku secara periodik ya, seperti sebelumnya ada Kereta Kencana, yang kemudian digantikan patung ini," ucap Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (31/12).

Alasan lain yang membuat pihak YIA masih mempertahankan patung ini karena memiliki makna yang positif. Pandu menjelaskan bahwa patung naga yang diberi judul Patung Naga Jalur Sutra melambangkan kekuatan.

Harapannya bisa jadi semangat pihak bandara dan masyarakat Indonesia untuk kuat dalam menghadapi tahun 2022 yang diprediksi masih akan dilanda Pandemi COVID-19.

"Patung ini kan melambangkan kekuatan, jadi memang dipasang di akhir tahun biar jadi semangat kita untuk kuat dan bangkit (dari keterpurukan imbas pandemi COVID-19) pada 2022 mendatang," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya Politikus Mustofa Nahrawardaya menyoroti patung naga yang ada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY. Lewat akun Twitternya, @TofaTofa_id, Mustofa mempertanyakan pemilihan Naga sebagai wujud patung tersebut.

"Pemandangan baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) hari ini, Kamis (30/12/2021). Masih gresss...patung naga raksasa di pintu keluar Bandara. Kenapa bukan Patung Garuda atau Patung Pahlawan yg dipasang di sini? Ada temen di Yogyakarta tahu?," tulis Mustofa seperti yang dilihat detikcom, Kamis (30/12).

Isu yang dilambungkan Mustofa Nahra tersebut segera disambut politikus senior PKS, Mardani Alisera. Dia menilai wajar keberadaan patung naga di YIA memicu sorotan, sebab naga tidak dikenal sebagai simbol budaya Indonesia.

"Pertama, wajar ada pertanyaan. Karena naga bukan simbol yang akrab dengan budaya Indonesia," kata Mardani, Kamis (30/12).

Mardani mengatakan lebih baik diisi oleh simbol yang memiliki akar budaya Indonesia. Sehingga sekaligus bentuk edukasi budaya lokal.

Simak Video 'Kata Pihak YIA soal Patung Naga Disorot Politikus Partai Ummat':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT