Politikus Partai Ummat Soroti Patung Naga di YIA, Ini Kata Otoritas Bandara

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 16:03 WIB
Patung naga di Bandara YIA Kulon Progo
Patung naga di Bandara YIA, Kulon Progo, Kamis (30/12/2021) Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menyoroti keberadaan patung naga yang berada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY. Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama angkat bicara.

Agus Pandu mengatakan bahwa dihadirkannya patung naga ini merupakan bagian dari upaya mempercantik bandara. Pihaknya telah bekerja sama dengan seniman dan kolektor seni di Yogyakarta dalam program ini.

Adapun ornamen semacam itu dipasang secara periodik dan akan diganti sewaktu-waktu menyesuaikan tema yang ingin diusung pihak bandara. Sebelum naga, di lokasi yang sama juga pernah dipasang Kereta Kencana dan Pedati atau gerobak sapi. Masih di sekitar bandara, juga terdapat ornamen lain seperti 28 unit mobil klasik yang telah dilukis.

"Nah terkait dengan patung naga, yang sekarang ada di (terminal) kedatangan, sebelumnya kita lihat bahwa ada kereta kencana dan ini merupakan kolektor pribadi. Lalu diganti gerobak sapi atau pedati karya Nasirun, seniman asal Yogyakarta. Sehingga seluruh yang ditampilkan dalam bandara ini memang kita buat sesuatu yang beda setiap saat, jadi tidak permanen," kata Pandu saat ditemui detikcom di Gedung Administrasi Bandara YIA, Kamis (30/12/2021).

"Pada November lalu, kami juga hadirkan patung-patung pahlawan untuk memperingati hari Pahlawan, jadi ya ini memang tematik," sambungnya.

Pandu menjelaskan patung naga tersebut mulai dipajang di bandara YIA pada hari ini. Patung ini diberi judul Patung Naga Jalur Sutra karya seniman Tri Suharyanto.

Adapun dipasangnya patung naga tersebut bukan tanpa alasan. Pandu menerangkan bahwa patung ini menggambarkan kekuatan maritim bangsa timur atau bangsa Indonesia yang dulu mampu menjelajah pelosok bumi. Itu digambarkan dari adanya patung-patung kecil berbentuk kapal yang berada di sekeliling sosok naga.

Diberitakan sebelumnya, politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menyoroti keberadaan patung naga yang berada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY. Lewat akun Twitternya, @TofaTofa_id, Mustofa mempertanyakan pemilihan naga sebagai wujud patung tersebut.

"Pemandangan baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) hari ini, Kamis (30/12/2021). Masih gresss...patung naga raksasa di pintu keluar Bandara. Kenapa bukan Patung Garuda atau Patung Pahlawan yg dipasang di sini? Ada temen di Yogyakarta tahu?," tulis Mustofa seperti yang dilihat detikcom siang ini.

Dalam cuitannya, Mustofa turut melampirkan foto patung tersebut. detikcom berupaya menghubungi Mustofa terkait postingan tersebut. Namun hingga berita ini ditulis humas Partai Ummat itu belum memberikan respons.

Lihat video 'Begini Situasi Bandara YIA Jelang Natal dan Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)